Senin, 28 Februari 2011

Monoloq keangkuhanku

Malam telah membasahi seluruh mayapada ini.

Suara serangga semakin lama semakin terdengar merdu mengisi setiap sisi gendang telingaku.

Entah sudah berapa lama aku tergagap oleh senandung kesunyian dalam hatiku

Yang mengalir bersama dengan denyutan jantungku memompa darah ke seluruh bagian tubuhku.


Semakin kuresapi kesunyian ini,

Semakin aku merasakan kedamaian yang telah lama menyepi dalam diriku,

Bahkan relung hatiku terdalam pun tak mampu mengingat kapan terakhir kalinya senandung kedamain itu menghiasi hatiku.


Beribu waktu sebelumnya,

Hari-hariku nampaklah indah di pandangan tiap mata yang memperhatikanku.

Dari saat aku terjaga dari tidurku

Sampai bila aku terbuai dalam ayunan mimpi-mimpi yang terus menelanjangi malamku,

Mata-mata itu terus menguliti semuanya.

Seakan tiada lagi yang mampu kusembunyikan dari mereka,

Selain kebahagian semu yang kurasakan.


Kebahagian semu?………………………..

Ya kebahagian yang hanya nampak diluaran saja,

Sementara di dalamnya hanya kerapuhan hati berbalut sejuta tanya mengiringi.

Sejuta beda yang semakin terasa membakar jalinan kasihku,


Walau berbagai cara dan jalan telah kucoba mencari kesamaan denganmu.

Walau berbagai terjalnya jalan telah kudaki tuk mengerti dirimu,Mengenali adanya dirimu

Tapi semua terasa semakin sia-sia saat aku merasa titik keasabaran di hatiku semakin mendidih terpanggang lakumu yang semakin melemahkan jiwaku.


Kamu yang dulu begitu menarik,begitu cantik

Dan begitu menggoda serta beribu daya pikat yang membuatku terpesona.

Hingga membuatku begitu terlena.

Membuatku begitu tergoda untuk mendapatkanmu, kini semakin jauh berubah.


Tawa manjamu, lenguhan nakalmu kini tak lagi mampu aku kenali.

Kamu seperti mahluk dari planet antah berantah yang tak mampu lagi aku kenali.

Hingga membuatku merasa tak lagi layak ada disisimu.


Tapi itu dulu kawan.

Kini semua telah berubah kawan.

Tersentak aku dari buaian mimpi itu kawan.

Bukannya aku tak pantas untukmu kawan.

Bukanlah aku yang terlalu hina untuk sekedar mendekatimu apalagi mendampingimu di sisa hidupmu nanti.

Tapi kamu yang tak pantas kawan.


Aku tersadar kini kawan.

Tak sepantasnya aku merendahkan diriku di ujung kakimu.

Tak sepantasnya aku mengemis cinta darimu.

Karena ternyata sikapmu lah yang membuatmu tak seharusnya aku perlakukan sebagai mahluk mulia kawan.

Lakumu tak mencerminkan lagi kelayakanmu untuk menemaniku.

Karena ternyata aku lebih layak untuk mendapatkan yang lebih mulia darimu.

Yang lebih segalanya darimu.


Ahhhh………

Ternyata cinta telah membutakan mataku kawan.

Telah menulikan telingaku dari kebenaran yang tersembunyi.

Tapi sungguh beruntungnya aku kawan.

Nuraniku masih mampu melihat semua itu.

Nuraniku ternyata masih mampu membaca kekuranganmu.


Dulu bolehlah aku membelamu dari segala tuduhan yang teralamatkan terhadapmu.

Dulu bolehlah aku menghardik setiap orang yang bercerita buruk tentangmu.

Tapi Itu dulu kawan, tidak untuk sekarang.

Sekarang aku malah bersyukur jika ada hal-hal yang tiada pernah kutahu ternyata ada padamu,

Karena semakin meyakinkanku jika memang kamu tak sepantasnya untukku.


Aku terlalu baik untukmu.

Aku terlalu sabar untuk menerima kepongahanmu.

Dan aku terlalu jujur untuk kamu perdaya lagi.


Selamat tinggal kawan.

Tak kan lagi kuratapi ketiadaanmu disisiku.

Takkan lagi kumenantikanmu sebagai kekasih.

Aku akan tetap disini untuk menantimu sebagai sahabat.

karena itulah yang sepantasnya kamu dapatkan dariku,

Setelah semua lakumu kepadaku.


Tak akan kubiarkan lagi bunga cinta itu bersemi di sini, di hatiku.

Aku hanya ingin menyemai benih persahabatan untukmu.

Tak ingin ku menuai badai permusuhan, meski bibit persahabatan yang tersemai dulu telah ternoda.

Mulai kini dan sampai nanti kita tetap akan bersahabat.


Denpasar. 28022011.0351

Masopu

NOTE: Terinpirasi dari status seorang teman Fbku beberapa waktu yang lalu



Minggu, 27 Februari 2011

Evolusi



Sekian lama waktu tlah berlalu

Tiada terhitung lagi jubah hitam ini menemaniku

Membalut tubuh yang telah lama terkungkung lusuh

Dari cercaan nanar mata-mata jalang itu


Telah beribu waktu jubah ini menghiasi tubuh kuyu

Tertutup segala aib yang telah lama mengkristal

Tersembunyi oleh sulaman-sulaman noda yang tiada indah

Kini saat sadarku telah menyatu

Ingin kutanggalkan jubah lusuh ini

Tuk kuganti dengan kemeja putih yang berseri

Agar ku selalu bisa jaga esensi sinarnya yang suci

Kutanggalkan jubah ini

Tuk bersihkan diri dari kekotoran yang terus menyelimuti

Dalam balutan sinar kegelapan yang memekat

Mengunciku dari terangnya sinar-Mu

Tak ingin lagi kumemakai jubah ini

Agar tiada lagi ku kembali lena dalam dekapan pekat yang kan selimuti

Yang selalu menjauhkanku dari indahnya bahtera-Mu Nanti

Saat ku menjumpaimu seperti janji-Mu yang selalu ku nanti


Denpasar, 27022011.1729

Masopu

Belaian Sayang Pembawa Sial

Suatu hari sepasang kekasih lagi bermesraan di tepi pantai kuta. saat si cewek sandarin kepalanya ke dada bidang sang cowok, sang cowok merespon dengan belaian mesra yang dilakukan untuk menunjukkan kalau dia cowok romantis. Karena keasyikan, sang cowok tak sadar tangannya mengelus-elus cuping telinga si cewek. Tiba-tiba si cewek berdiri marah-marah.
" dasar cowok kurang ajar, enak saja mainin cuping telingaku!!!'
" lo ada apa sayang, kok tiba-tiba kamu marah sih? " Tanya sang cowok tak tahu apa yang terjadi.
" Sompreet loe pura-pura gak ngerti lagi, emang loe anggep gue cewek apaan ha?" jawab itu setengah menghardik.
" Lo emang ane salah ya membelai telingamu?????"
" Loe gak salah membelai telingaku, tapi loe kurang ajar tahu! "
" Kurang ajar begimana? "
"Loe kasih apa telinga gue ha?"
"aku gak ngasih apa-apa. Emang kenapa?"
" Lihat tuh tangan loe, habis megang apaan? " Sungut si cewek.
" Emang habis megang apa? "
" Kamu habis megang apa tadi kok tanganmu bau gak enak gitu? "
" Aku gak megang apa-apa kok? "
" La kenapa tanganmu bau dan berlendir gitu ? "
" OOOOo ......Sory sayang, tadi aku habis megang telingaku, gak tahu kalau ternyata lendir dari telingaku ikutan keluar. "
" Sory sory, Ihhh jorok!!!!!!
Denpasar,27022011.1459
Masopu
1298793722840008791

Sabtu, 26 Februari 2011

Belajar Malu Dari Seekor Kucing



Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita luput memperhatikan hal kecil yang sebenarnya mampu kita ambil sebagai ajang pembelajaran diri untuk lebih baik. Pernah kita memperhatikan kucing? Yups kucing saat buang kotoran, ataupun saat melindungi anak-anaknya dari gangguan mahluk asing yang suka iseng. Dari tingkah binatang lucu ini kita bisa belajar banyak hal.

1. Mengenai cara kucing membuang kotoran


Pernahkah kita memperhatikan Saat kucing buang kotoran? Kalau pernah pasti tahu dong bagaimana mereka membuang kotoran dan saatnya? lo kok membahas masalah bagaiamana, Kapan dan di mana kucing buang kotoran sih?
Kucing saat buang kotoran pasti memilih untuk mencari tempat yang sepi, tersembunyi dan aman untuk melaksanakan hajatnya tersebut. Tahu kenapa? Ini hanya peesepsi saya pribadi, kenapa kucing melakukan hal tersebut? Karena kucing sadar jika kotorannya itu merupakan suatu aib, karenanya dia gak ingin mahluk lainnya tahu bagaimana dia buang kotoran tersebut, seperti apa ekspresinya maupun hal-hal lainnya.
Dari situ kita bisa belajar bahwa sebagai insan yang dikarunia akal dan Nurani sebaiknya kita bisa memilih dan memilah mana hal yang termasuk katageri kotoran dan bagaimana kita mau berbagi tentang sesuatu yang layak dibagi atau sekedar menjadi rahasia masing-masing pribadi. Kita dengan anugerah akal dan Nurani pasti tahu dong kapan saat kita berbagi informasi dan kapan kita harus menutup informasi. Jangan sampai hal yang berbau kotoran kita sebar luaskan. Kan malu sama kucing. Kucing saja mau menyembunyikan kotoran, masa kita mau membuka aib kita pribadi.

2. Saat kucing Melindungi anak-anaknya dari mahluk asing

Pernahkah kita memperhatikan bagaimana kucing melindungi anak-anaknya dari gangguan mahluk asing? Tentu pernah juga kan. Saat kucing melihat mahluk asing datang mengganggu anak-anaknya, dengan berbagai cara dia akan berusaha untuk membela anak-anaknya tersebut. Walau kadang dia sadar jika lawan yang dihadapi jauh lebih besar ataupun lebih perkasa darinya. Tapi dia pasti coba untuk melawannya. Setelah benar-benar tak mampu baru dia akan menjauh tapi sambil tetap berusaha melindungi anak-anaknya.
Dari hal ini kita bisa belajar, seharusnya sebagai manusia yang berakal dan bernurani kita bisa melindungi anak-anak kita ( Bagi yang sudah berkeluarga ) ataupu hak kita dari intimidasi tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Meski kadang kita sadar kita mungkin kalah tenaga ataupun kalah kuasa. Tapi dengan bermodal akal yang kita punya, kita bisa memperjuangkan hak kita/ anak kita dengan berbagai cara yang mungkin kita lakukan selama masih dalam jalan yang baik.

Bisakah kita belajar sesuatu dari yang Tuhan tunjukkan kepada kita lewat hal-hal kecil yang ada disekitar kita? Tentu kita semua bisa selama kita mau dan punya kemampuan untuk melakukannya.

Denpasar, 26022011.1736 ( menjelang Adzan Maghrib )
Masopu

Belajar Dari Pengamen

Pengamen selama ini identik dengan orang terpinggirkan, orang kurang berpendidikan,sehingga kadang-kadang tingkah lakunya pun dicap kurang terpuji, kurang terdidik atau kurang apalah. Tapi sesungguhnya dari mereka kita bisa belajar sesuatu yang tidak pernah kita dapatkan di bangku sekolah. Apakah itu?
Kita bisa belajar memilih teman menggunakan metode yang biasa digunakan oleh para pengamen saat memilih warung makan di daerah asing atau daerah yang belum pernah dikunjungi. Hanya dengan modal seadanya, biasanya mereka akan berusaha untuk memilih makan di warung yang murah meriah dengan rasa yang menurut mereka tidak kalah dengan restoran berbintang. Dengan hanya mengandalkan instingnya mereka mengamati sekitarnya, saat melihat suatu warung yang ramai dikunjungi orang yang sekelas pengamen, mereka sudah bisa menduga kalau warung tersebut memiliki keunggulan rasa enak dan harga yang terjangkau. Karena pastinya warung seperti itu tak akan sepi dari pengunjung.
Begitupun dalam memelih teman, kita bisa melihat dari seberapa banyak dia mempunyai teman. Orang yang ramah, baik hati dan pintar bergaul biasanya dia mempunyai banyak teman dari berbagai kalangan. Mereka berteman dengan dia punya banyak teman, bukan karena seide, mempunyai kekayaan sama, atau ingin memanfaatkan dia untuk suatu tujuan. Mereka berteman dengannya karena memang mereka merasa aman berada di dekatnya. Meski tidak selalu bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, tapi biasanya dia bisa memberi rasa aman pada orang-orang disekitarnya, baik secara sikap maupun secara nasehat.
Lain halnya jika kita berteman dengan orang yang seide atau setujuan.Biasanya pertemanan model seperti ini memang awalnya banyak teman, tapi saat merasa ide/tujuan sudah mulai beda baik itu akhir dari tujuan tersebut ataupun jalan untuk mencapainya biasanya persahabatan seperti ini akhirnya juga kan berakhir. Oleh karena itu persahabatan/ pertemanan yang hadir diantara mereka silih berganti tergantung ide dan tujuan yang ingin dicapai.
Sekarang tinggal kita yang bisa mengambil pelajaran dari kasus mereka. Mau mengambil ilmu yang dimiliki dari seorang pengamen atau mau hanya berteman berdasarkan ide dan tujuan saja seperti para politikus. Tinggal kita saja yang bisa menetukan.


Denpasar, 26022011.1218

Masopu

Note: tulisan ini terinspirasi dari sebuah note yang ada dalam novel Makrifat Cinta karya Taufiqurrohman Al Aziziy

Beda Mobil dan Cewek

Malam baru saja berancak mencapai puncaknya. Di sebuah warung kopi di pinggiran kota kecil tersebut nampak beberapa orang sedang menikmati kopi dan makanan kecil sambil main catur.
" Jhon lo tahu bedanya mobil sama cewek gak " tanya seeorang cowok bersarung kotak-kotak kepada lelaki yang asyik menikmati sam su di tangannya.
" Ya jelas beda la, Wi. " Jawab Jhon
" Apa dong bedanya " Tanya lelaki yang di panggil Awi tersebut.
" Kalau cewek bisa meninggalkan cowok karena terpengaruh mobil, tapi kalau mobil gak bakalan ninggalin orang karena cewek "
" hahahahaha, kalau itu mash biasa. Beda yang lainnya maksudku.
" Apa ya? " jawab Jhon
" masak gak tahu jhon? kan ente jago masalah cewek? hehehehehe" ledek Awi.
" gak tahu aku Wi' "
" Kalau mobil jika didongkrak sampai puncak akan diam dan tak bergerak. Sedang cewek saat dipompa sampai puncaknya, pasti nggeloso lemes"
" hehehehehe ada saja lo bro "
" Eits masih adalagi lo bro "
" Apa tu bro ? "
" Kalau mobil, saat dongkrak dipompa, dia kan bunyi kriet kriet kriet, tapi kalau cewek saat dipompa dia bunyinya aneh oh my god, ooohhhh yesss , ohhhh nooooo!!!!! "'
" Dasar otak mesummmmmmm "
" wkwkwkwkwkwkwkwkwkw "

Jumat, 25 Februari 2011

Aku si Parasit Hati

Untuk sebuh raga yang setia menemaniku
Ingin kuhaturkan maafku untukmu
Maaf atas keegoisanku
Maaf atas ketololanku yang telah membatu

Tak sepantasnya aku bersikap seperti ini
Menentangmu dengan tameng dogma-dogma suci
Yang terasa begitu berat tuk kau mengerti
Meski oleh hatimu yang paling suci

Aku begitu egois menuntut pengertian darimu
Sementara diriku kaku mematut kebebasanmu
Dalam belenggu tata krama semu,
Hingga jemu selalu menemanimu

Aku……..
Seringkali menentang maumu
Meski ku tahu sering pula kau melupakan pantanganku
Meski kau tahu semua itu benar selalu

Ahhh………..
Benarkah aku hanya parasit bagimu
Menumpang hidup dalam ragamu
tapi lebih sering menentang inginmu
Meski itu tuk menjaga Agar tak tersesat lakumu
Karena aku hanya sekeping rasa dari kedalaman hatimu

Denpasar, 2025022011.1436
Masopu

Kamis, 24 Februari 2011

Bemper

Suatu sore herry Fk jalan-jalan bersama temannya Hussein al hallaj
Saat jalan tiba-tiba dia terperosok selokan
" Bahlul ente kenapa jalan sampe terperosok"
" eh lo lihat kesebelah sana, BMW itu bempernya kok asyik banget ya?
" Tu bukan bemper bahlul " Jawab temannya
" Lah terus apa tu bro?"
" Itu mah Nunik nongkrong di depan mobil hanya pakai Cd dan BH saja, Masak Lo gak tahu?
" Lo bukannya Miss poron itu kulitnya mulus?
" Gak sekarang kulitnya sudah di AIRBRUSH BRO"
" Mata loe peang, itu mah Panuan Bro?"
" Dasar loe diajak pakai bahasa halus malah ngajak kasaR'
" Hehehehehehehehe " herry
denpasar.24022011.1533
Masopu

Senin, 21 Februari 2011

Maaf

Hari telah berganti, tiada terasa satu bulan sudah aku tak pernah mengetahui kabar tentang dirimu lagi. Menurut beberapa teman di FB sejak kejadian itu kamu dah jarang buat status di fb maupun berkirim jempol kepada teman-teman yang lain.
Sebenarnya kemarahanku saat itu bukanlah karena aku benci kamu, aku hanya ingin agar kamu lebih menghargai orang lain. Sikap kerasku hanyalah untuk mengingatkanmu. Karena selama ini aku merasakan dirimu telah jauh berbeda dari saat awal kita berkenalan.
Setahun lebih aku mengenalmu, tapi semakin lama aku mengenalmu semakin bingung aku dengan sikapmu. Kau kadang begitu dewasa, tapi di lain waktu kau bisa begitu manja. Aku tak tahu apakah itu karena kamu anak bungsu dan satu-satunya cewek dalam keluargamu. Tapi sebenarnya jika itu alasannya, adikku juga cewek tapi dia tetap bisa menjaga sikapnya.
JIka kejadian itu membuatmu menjauh dari teman-teman, itu bukanlah alasan yang terbaik. Introspeksi diri bisa dilakukan dengan tetap menjaga silaturrahmi. Meski tujuanku waktu itu baik, tapi karena jalan yang kupakai kurang tepat maka aku dengan penuh kerendahan hati tetap meminta maafmu. Aku tak bisa menjaga perasaanmu.

Aku Dan Kegelapan


Aku ingin berdiri di sini
Agar aku bisa selalu melihatmu dengan hati
Aku ingin selalu berdiri di sini
Meski aku tahu orang akan datang mencibir

Aku di sini bukan karena ingin beda
Aku di sini bukan karena ku ingin mendapat puja
Karena aku yakin aku tak selayaknya tuk di puja

Aku ingin tetap di sini
Meski aku tahu hatiku tak ingin ku di sini
Karena yakin aku tak akan mampu hadapi cercaan yang menghampiri
Baik sedikit, maupun yang datang bertubi

Aku ingin di sini
Hingga aku yakin terang tak lagi mampu menipuku
Dengan Halusinasi murahannya yang terkadang susah ku mengerti
Saat aku ikut berdiri di sampingmu

Aku ingin menilaimu dari tempatku sekarang berada,
Bukan sebagai pribadi yang suci tiada ternoda
Karena ku yakin aku tak akan pernah bisa

Aku hanya ingin menakarnya dengan sisi jiwaku yang masih tersisa
Karena dari gelap ini aku bisa melihat bayangmu lebih jelas,
Melihat ekspresimu lebih mendalam
Tanpa takut kau memanipulasi diri dengan mellow drama, Yang berbalut intrik dan tipu daya
Karena kau tak akan pernah sadari aku selalu ada, dalam batas pandanganmu di balik tabir gelap
Maka biarkan aku selalu berdiri dalam kegelapan hatimu

Denpasar, 22022011.2145

Masopu

Minggu, 20 Februari 2011

Aku Bahagia

Senyummu adalah Bahagiaku
Ceriamu adalah dambaku
Gelisahmu adalah Kebimbanganku
Air matamu adalah kesedihanku

Kau adalah pelipur laraku
Kau pengiring Suka citaku
Bersama kita dalam hari-hari keberkahan

Ikatan ini berawal dari hati atas nama cinta
Jalinan ini bermula dari rasa atas nama sayang
pertautan ini berasal dari angan atas nama rindu
Sungguh ini adalah Cinta, Sayang dan Rindu

Cinta, Sayang dan Rindu atas nama pengabdianku pada-NYA
Malam ini bintang bersinar Cinta,
Bulanpun tersenyum sayang,
Angin mendesir rindu

Wahai Angin, Bulan dan Bintang
Sampaikan salam Cinta
Sayang........
Dan Rinduku kepadanya
Sungguh aku ingin mencintai karena ALLAH

Aku bahagia jika kau selalu bahagia
Aku bahagia jika kau selalu tersenyum
Aku bahagia jika kau mampu menikmati hidupmu
Sungguh aku bahagia jika dapat Membahagiakanmu
Demi Allah itulah niatku
Tapi kau tak pernah mau tahu akan rasaku itu

Denpasar, 20020211.1717

Masopu

Note : sms dari seorang teman MAYA ANGGRAINI

Nama Pemain Bola Yang Juga Nama Makanan


Berikut nama-nama pemain bola yang identik dengan nama masakan Indonesia

Samir Nasri ( Prancis ) = Samir Nasi

Sol Campbel ( Inggris )= Sop Kambing

Fransesco Totti ( Italia ) = Fransesco Roti

Frank Lampard ( Inggris ) = Frank Lemper

Wes Brown ( Inggris ) = wes Brownies

Dado Prso ( Kroasia ) = Gado-gado

Bacary Sagna ( Prancis ) = Bakari Sate

Leonel Messi ( Argentina ) = Liwet Nasi

Oliver Khan ( Jerman ) = Olahan ikan alias pepes

Pepe Reina ( Spanyol ) = Pepes teri enak

Iker Casilas ( Spanyol ) = Ikan Kasinan

Lothar Matheus (Jerman)= Lotek Mak Nyus

Adebayor ( Togo ) = Lodeh Sayur

jerzy dudek(polandia)= Nasi Gudeg

Cyril Makanaky (Kamerun)= Makan Aki

Florentt mauloda ( prancis) = florent maulodeh

Sergio ramos (spanyol) = Sego rames

SEto Nurdiantoro ( Indonesia )= SOTO nurdiantoro

Piere N somah ( Bandung Fc ) = pecel n siomay

Bejo sugiantoro ( eks persebaya ) = Botok sugiantoro

Cristiano Ronaldo ( Portugal ) = CRipik Nangka Balado……

Patrick Kluivert ( Belanda ) = patrick ketupat

Roberto Baggio ( Italia ) = Roberto bakso

Irfan Bachdim ( Indonesia ) Irfan bacem

Pele ( Brasil ) = Pecel pele

Denpasar, 20022011.0139

Masopu

Note : Telah ditambahin oleh teman-teman beberapa nama lainnya

Sabtu, 19 Februari 2011

Jasad Gus Dur Masih Utuh, Bukti Apakah Ini?


Terkait berita makam Gus Dur yang amblas dan jasadnya masih utuh yang dimuat disini dan disini, dan juga disini muncul beragam tanggapan. Baik yang sinis maupun yang takjub dengan peristiwa ini. Namun ada juga yang menanggapi dengan biasa-biasa dan menduga-duga atau berspekulasi.

Sebenarnya peristiwa tentang jasad yang masih utuh setelah sekian lama dikubur, _ seperti yang terjadi pada jasad Gus Dur_ bukanlah yang pertama. Karena sebelumnya juga sudah pernah terjadi pada jasad St Bernadette yang terlahir sebagai Bernadette Sourbrous di Lourdes, Perancis. Meninggal pada tahun 1879 yang artinya usia jasad tersebut sudah berusia 132 tahun. Masih ada lagi St. Jean Baptiste Marie Vianney (8 Mei 1786 - 4 Agustus 1859) yang jasadnya masih utuh hingga saat ini walaupun usia jasadnya 162 tahun. Selanjutnya di Jeman ada Saint Teresa Margaret, meninggal tahun 1770 dan jasadnya masih utuh.

Tak dipungkiri, Gus Dur memang tokoh yang fenomenal dan kontroversi yang disukai begitu banyak kalangan dan golongan. Namun juga tak jarang yang tidak menyulai sepak terjangnya dan dibenci. Karena memang banyak hal yang dilakukan Gus Dur selama hidupnya banyak yang tidak bisa dipahami. Tetapi bagi saya secara pribadi Gus Dur adalah sosok yang brilian dan hatinya bersih.

Satu hal yang saya salut adalah Gus Dur melakukan sesuatu hal tanpa teleng-aling untuk disukai kaumnya sendiri, malahan seringkali salah dipahami. Tetapi Gus Dur jalan terus. Menurut saya itulah seseorang yang punya prinsip hidup.

Gus Dur memang sosok yang dicintai sekaligus juga dibenci. Tetapi kenyataan yang ada Gus Dus sebenarnya dihormati sahabat _ bahkan sampai dikultuskan_dan juga disegani musuhnya.

Kembali kepada fenomena ditemukannya jasad Gus Dur yang masih utuh dan kain kafannya masih bersih setelah makamnya amblas. Sebenarnya petunjuk apakah ini?

Bagi kalangan yang tidak menyenangi atau anti Gus Dur pasti akan timbul pikiran-pikiran negatif dengan kejadian ini.

Ada yang dengan nada curiga bertanya, ada apa ini, kok bisa sampai amblas?

Ada lagi yang berkata, jasadnya saja tidak diterima tanah!

Tetapi bagi yang menghormati Gus Dur, kejadian ini adalah mukjizat atas kebesaran Tuhan, bahwa Gus Dur itu memang orang baik.

Mana yang benar?

Bagi saya, setiap peristiwa alam itu pasti ada pengajaran dan makna dibaliknya. Semua kembali kepada kejernihan pikiran dan hati untuk menyikapinya, terlepas dari agama dan keyakinan kita.

Apa yang terjadi pada jasad Gus Dur yang masih utuh setelah sekian lama dikubur mau tak mau pasti akan menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam.

Maaf, karena hati saya sedang baik, maka saya ingin mengatakan, bahwa dengan amblasnya makam Gus Dur dan ditemukan jasadnya masihdalam keadaan utuh, itu adalah petanda baik. Alam ini sekali lagi ingin membuktikan dengan memperlihatkan sebuah kebenaran, bahwa Gus Dur itu memang adalah orang yang berhati baik dan bersih.

Saya tidak percaya, bahwa jasad Gus Dur yang tetap masih utuh itu adalah sebuah kebetulan semata. Karena kejadian semacam ini adalah sangat jarang. Lain halnya kalau sudah makamnya amblas dan jasadnya sedang dikerubuti belatung. Tentunya ini bukan kejadian aneh.

Terlepas dari semua itu, bahwa Gus Dur adalah orang baik dan berhati bersih, terjadi adanya pengkultusan terhadap beliau dengan menjadikan makamnya sebagai tempat keramat oleh masyarakat yang mengaguminya memang sangat disayangkan.

Seharusnya semangat dan teladan yang ada pada beliau yang perlu kita jadikan semangat hidup untuk menciptakan toleransi dan kebersamaan.

Gus, percayalah kebenaran pada waktunya akan terjadi. Semoga tenang di alam sana.

NOTE : Tulisan teman di Kompasiana bpk. Katedra Rejawen (#)

Kamis, 17 Februari 2011

hidup yang baik


Hidup yang baik …….

ketika kita bisa mensyukuri apa yang kita peroleh

ketika kita bisa berbagi dalam kesempitan/kesusahan

ketika kita bisa tersenyum saat cobaan datang menjelang

ketika kita bisa memaafkan walau sakit yang terasa tiada terperikan

ketika kita tetap peduli sementara yang lain lengah

Hidup yang Indah…..

Bukan disaat impian kita terwujud

Tapi keindahannya terletak….

Pada ketulusan Jiwa

Dan kesungguhan hati menjalaninya

karena dari situ kita tak hanya melihat hasil

Tapi dari proses itulah keindahannya kan terlihat

Denpasar,17022011.2238

Masopu

Inspirasi seorang teman

Rabu, 16 Februari 2011

Resensi ” Kidung Shalawat Zaki & Zulfa “

Mungkin beberapa orang teman yang hoby membaca novel karya novelis anak bangsa sudah paham dan sudah membaca novel terbaru karya Taufiqurrohman Al Azizy yang berjudul Kidung Shalawat Zaki & Zulfa karena launching novel ini sudah lebih 2 bulan yang lalu. Namun pasti ada beberapa orang teman yang belum membacanya, terutama mungkin teman-teman yang lebih suka membaca best seller penulis manca seperti Dan Brown, Sidney Sheldon dan penulis top lainnya. Jadi tak ada salahnya meski agak telat saya coba mereferensikan buku karya penulis yang satu ini.

Kidung Shalawat Zaki & Zulfa bercerita tentang proses perjodohan dua orang kiai yang bersahabat baik sejak mereka berdua menuntut ilmu di pesantren terkenal di Jawa Timur. Sewaktu masih bujang, Kedua kiai tersebut berjanji untuk menjodohkan putra-putri mereka jika nanti mereka mempunyai anak laki-laki dan perempuan. Dan pada akhirnya memang kedua kia tersebut mempunyai anak lelaki dan perempuan. Sesuai janji mereka terdahulu, maka ketika putra-putri mereka dewasa dan menginjak usia 22 tahun akhirnya tali perjodohan itu dilakukan.

Zaki nama lengkapnya Zaki Ahmad Rayhan yang merupakan putra tunggal kiai Masduqi, seorang pemuda tampan yang taat dalam ajaran agamanya. Dia sejak kecil terbiasa hidup dilingkungan pesantren yang dikelola ayahnya dalam suasana kesederhanaan dan jauh dari kesan manja. Sejak kecil dia tumbuh dan belajar semua ilmu bersama para santri ayahnya yang berasal dari keluarga kurang mampu yang berada disekitar lingkungan pesantrennya. Maka tak heran jika Zaki dalam hidupnya sangat bersahaja dan memiliki budi pekerti yang sangat halus dan jiwa welas asih.

Sementara Zulfa Khawra Zahra merupakan putri tunggal dari kiai Ahmad dan Nyai Nilam seorang pengasuh pondok pesantren besar yang sangat berpengaruh di kotanya. Dalam perjalanan hidupnya gadis cantik banyak belajar di pesantren ayahnya yang seringkali dikunjungi oleh pejabat dan pengusaha serta politikus dari Jakarta. Karena kedekatan orang tuanyalah, maka perkembangan pesantren kiai Ahmad sangat pesat terutama dengan adanya bantuan dari pejabat dan pengusaha yang sering meminta bantuan do’a Kiai Ahmad. Hal ini juga sangat mempengaruhi kehidupan Zulfa dalam bergaul. Karena dia terbiasa bergaul dengan para santri ayahnya yang berasal dari kalangan berada.

Karena kecantikan wajahnya Zulfa sangat disayangi oleh Kiai Ahmad dan para santri pesantrennya. Salah seorang dari santri kiai Ahmad yang bernama Dimas jatuh hati kepada Zulfa, meski dia tahu kalau sedari kecil orang tua Zulfa telah terikat janji mau menjodohkan anaknya dengan putra Kiai Masduqi. Berlatar belakang sebagai putra seorang pengusaha kaya asal Jakarta yang sangat berpengaruh, membuat Dimas tak patah arang untuk mendapatkan cinta Zulfa. Meski dia tahu hari pertunangan Zaki-Zulfa sudah dekat.

Saat acara pertunangan Zaki-Zulfa diadakan, Dimas dengan pandainya bersandiwara seolah-olah mendukung pertunangan tersebut. Meski dalam hati kecilnya Dimas tak rela jika Zulfa nantinya berjodoh dengan Zaki. Dimas merupakan orang yang memperkenalkan Zulfa pada dunia modelling dan sering menemani Zulfa saat ada sesi pemotretan di Jakarta.

Setelah acara pertunangan Zaki-Zulfa diadakan, Dimas merencanakan suatu perbuatan keji untuk menyingkirkan Zaki dari kehidupan Zulfa. Selain dengan caranya sendiri, Dimas juga mendapat bantuan dari ayahnya yang terus menteror keluarga Kiai Masduqi dan para santrinya agar mau menjual pesantren mereka untuk dijadikan proyek pertokoan mewah.

Karena begitu banyaknya intrik dan fitnah yang menjadi batu ujian cinta Zaki-Zulfa akhirnya membawa korban meninggalnya Kiai Masduqi dalam suatu kecelakaan. Sementara Zaki sendiri terjebak fitnah keji yang membuatnya menjadi pesakitan di Jakarta. Sementara warga sekitar pondoknya tak luput jadi korban pula, karena ternyata ayah Dimas yang bernama Handoko menggunakan koneksinya di kekuasaan untuk menggusur rumah warga sekitar pesantren termasuk juga pesantren Kiai Masduqi.

Novel ini mengisahkan pertentangan metode pengajaran kedua kiai yang sejak menuntut ilmu bersahabat baik Yang satu Kiai Masduqi tetap berpedoman pada prinsipnya untuk mengajar dan berdakwah dengan jalannya untuk lebih dekat dengan kalangan yang kurang mampu. Sementara di sisi lain, Kiai Ahmad memilih berdakwah menurut metode yang dianggapnya benar dengan memanfaatkan kedekatannya dengan kalangan pengusaha sukes dan penguasa di Jakarta. Dialog-dialog yang sangat enak untuk dinikmati dan juga alurnya yang mengalir begitu runut membuat pembaca sangat mudah mencerna pesan yang terkandung dalam detail alur ceritanya.

Novel ” Kidung Shalawat Zaki & Zulfa ” merupakan novel kedelapan dari penulis Taufiqurrohman Al Azizy. Karya-karyanya selalu menjadi best seller untuk para penulis dalam negeri. Karya-karyanya antara lain Trilogi Makrifat Cinta ( Syahadat Cinta-2006, Musafir Cinta-2007 dan Makrifat Cinta ) Kitab Cinta Yusuf - Zulaikha ( 2007 ), Munajat Cinta ( 2009 ), Jangan Biarkan Surau Ini Roboh ( 2009 ) dan Sahara Nainawa ( 2009 ) semuanya diproduksi oleh Diva Pers Jogjakarta.

Semoga resensi buku tersebut bisa menjadikan kita untuk menoleh ke karya-karya penulis dalam negeri yang ternyata juga tak kalah bagusnya dengan penulis luar.

Denpasar, 14022011.0008

Masopu

Body Cewek dan Merk Mobil

Suatu sore aku asyik ngobrol bareng Alfian dan ANdee mereidean tentang cerita cerita lucu yang serinng kami temukan beberapa hari terakhir ini.

Aku ” Alf aku punya cerita lucuni semalam pas jalan-jalan alf”

Alf ” cerita lucu apa bro?”

Aku ” Semalam kan aku jalan-jalan di taman kota alf, pas lagi jalan gitu aku lihat cecwek di depanku wah bodinya bener-bener bohay Alf. Tanpa ba bi bu lagi aku bersama 3 orang temanku mendekati 2 orang cewek itu Alf, tapi pas disejajarin gitu aku gak jadi nggodain dia Alf. Tahu kenapa?

Alf ” Halah paling bencong yang ente dekati bro?”

aku ” Bukan itu bro. Ternyata tu cewek BMW banget bro”

Andee ” BMW gimana bro? Bodinya Memang Wokehkah?”

Aku ” Wah kalau itu mah gak akan buat aku mundur bro, malulah kalau mundur. Apakata brader Herry FK jika dengar aku mundur dekatin cewek. Hahahaha”

ALf ” pasti tu ketahuan suami atau pacarnya kali?”

Aku ” Hahahahaha. gak lah bro. orang dia hanya berdua sama teman ceweknya doang. Tapi benar tu 2 orang cewek bener-bener BMW Bro.”

Andee ” BMW apaan sih?”"

AKu ” Bodinya Mengalahkan Wajahnya”

Andee & ALf ” Hahahahahaha”

Andee ” Kalau aku ketemu cewek type MERCY bro”

Aku ” Pastinya sih paMER guCY ya?’ hahahaha

ALf ” Aku juga apes banget. Ketemu cewek kok type BIMOTA kayak motor Itali saja…….”

ANdeee ” Bimota gimana bro? sudah jangan main singkatan kelamaan ntar “

Alf ” BIbirnya ituloh Maju tOTAl.”

Aku & Andee ” Hahahahaha apes banget ya kita bertiga kemarin”

Aku ” Tapi yang untung si Brader herry masak ketemu cewek pas naik motor Suzuki-nya eh dia malah ditawarin mas naik SUZUKU aja biar asik “

ALf ” Wah beruntung banget ya pak guru kenthir????”

Andee ” Aku tahu pasti yang ngomong gitu NORILLA KAN? hahahahaha”

AKU ” Heheheheheh tahu aja lo bro”


Denpasar, 13022011.1817
Masopu

Mancester United Tekuk City


Partai derby Manchester antara tuan rumah Manchester United melawan tim kaya raya Manchester City baru saja usai. Partai yang berlangsung di stadion Old Trafford ini berkahir dengan kemenangan 2-1 United. Gol united dicetak melalui aksi memikat Nani dan tendangan Spektakuler striker andalannya yang kembali mencoba menemukan bentuk permainan terbaiknya, Wayne Rooney. Sedangkan gol City dicetak melalui tebdangan keberuntungan Dzeko yang berbelok arah setelah membentur punggung David Silva.

Derby ke-158 kota manchester berlangsung menarik mulai dari saat kick off babak pertama dimulai. Kedua tim tampil saling menyerang. Sama-sama menampilkan formasi 4-5-1, kedua tim terlibat pertarungan sengit dilapangan tengah. United dengan formasi gelandang yang diisi oleh Nani, Anderson, Scholes, Fletcher dan Ryan Giggs beradu menguasai lini tengah melawan lima gelandang City yang diisi oleh Silva, Barry, Milner, Alexabdre Kolarov dan Yaya Toure. Serunya pertarungan di lini tengah ini menjadi penyebab begitu minimnya peluang selama babak pertama. Tercatat hanya beberapa peluang yang membahayakan kedua kubu.

Pada menit ke-15 sebuah umpan silang dari Yaya Toure berhasil dipotong dengan baik oleh Criss Smalling. Terus mendapat tekana dari City selama babak pertama, bukan berarti United tanpa peluang. Tercatat di menit ke-27 kerjasama Nani-Anderson mampu menerobos lini belakang City, sayang bola masih bisa diirebut oleh Richards.

Memasuki menit ke-34 umpan silang Giggsy mampu disundul dengan baik oleh Jhon O’shea, tapi sayangnya arah bola tepat ke jangakauan kiper Joe Hart. Akhirnya kebuntuan serangan United di babak pertama pecah di menit ke-41 saat umpan jauh Van Der Sar diarahkan ke Giggs melaui sundulan Rooney. Begitu menerima bola, Giggsy langsung mengirim bola ke arah Nani yang berlari dari kawalan Pablo Zabaleta. Dengan ketenangannya, Nani mendorong bola ke sisi kiri gawang City yang tak mampu dijangkau Hart. Kedudukan 1-0 bertahan sampai peluit pertanda babak pertama berakhir berbunyi.

Memasuki babak ke dua keadaan masih sama dengan babak pertama, City lebih banyak menguasai ball posessions. Meski begitu sampai menit ke-60 serangan city tak mampu menembus kokohnya lini belakang United yang dikawal kuartet O’shea, Smalling, Vidic dan Evra. Serangan yang mereka bangun selalu kandas membentur tembok kokoh United.

Untuk memperkuat daya serang the Citizens, pelatih Roberto Mancini memasukkan striker baru mereka Edin Dzeko di menit ke-60 menggantikan posisi James Milner. Dengan masuknya Dzeko, Serangan City semakin membahayakan gawang United. Dan akhirnya di menit ke-65 memanfaatkan crossing SWP, Dzeko menendang bola masuk ke gawang United tanpa mampu dijangkau Van Der Sar setelah sebelumnya bola membentur punggung David Silva. Proses gol tersebut sangat unik, dalam kawalan Smalling, Dzeko melepas tendangan sambil menjatuhkan diri. Arah bola sebenarnya keluar, tapi karena terbentur punggung SIlva bola berbelok arah ke sisi kanan United tanpa sempat dijangkau Van Der Sar..

Untuk merespon perubahan pola serangan City setelah masuknya Dzeko, Fergie akhirnya memasukkan top skor EPL musim ini berbatov di menit ke-67. Masuknya Berba membuat konsentrasi lini belakang City terpecah. Jika sebelumnya mereka hanya fokus menjaga pergerakan Rooney dan Juga Nani, kini mereka juga harus menjaga pergerakan Berbatov. Terbukti di menit ke-78 melalui serangan cepat yang diawali aksi memikat Nani, Bola lambung dari sisi kiri pertahanan City diteruskan dengan tendangan salto memukau Rooney. Gol ke-6 Rooney musim ini sontak membuat pendukung City terdiam beberapa saat berganti dengan gemuruh suara pendukung United.

Sebenarnya sebelum gol Rooney tersebut, beberapa kali aksi memikat Dzeko-Silva-Tevez mampu memberi ancaman ke lini pertahanan United. Tapi aksi gemilang Smalling di lini belakang membuat gawang Van Der Sar aman dari kebobolan gol lebih banyak lagi. Beberapa kali Smalling dengan insting permainan yang semakin terasah mampu membaca dan menggagalkan serangan-serangan City.

Setelah gol Rooney tersebut United mampu mengimbangi dominasi City. Jika sampai gol yang dicetak oleh Dzeko Ball Posessions dikuasi oleh City dengan perbandingan 48%-52% untuk City, maka akhir babak kedua ball Posessions jadi berimbang. Meski dari statistik lainnya United kalah. Tercata City melakukan shoot on target 7-5 dan tendangan sudut 8-5 semua untuk keunggulan City.

Dengan kemenangan ini, United mengokohkan dirinya di puncak klasemen EPL dengan poin 57 dari 26 partai meninggalkan Arsenal di posisi kedua dengan 50 poin dari 25 partai dan City di tempat ke-3 dengan 49 poin dari 27 partai yang telah dilalui. Dan kemenangan ini seakan memupus anggapan jika kekalahan United minggu kemarin sebagai pertanda jika United sudah mulai goyah.

Susunan pemain:

MU: Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Chris Smalling, Patrice Evra, John O’Shea; Paul Scholes (Michael Carrick 78), Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani; Wayne Rooney, Anderson (Dimitar Berbatov 67)
City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Micah Richards; Gareth Barry, James Milner (Edin Dzeko 61), Aleksandar Kolarov (Shaun Wright-Phillips 52), David Silva; Carlos Tevez, Yaya Toure

Denpasar, 12022011.2242
Masopu

kisah cinta dan waktu


Tersebutlah disuatu pulau kecil, tinggallah berbagai macam benda-benda abstrak. Ada Cinta, Kesedihan, Kekayaan, Kegembiraan dan sebagainya. Mereka hidup berdampingan dengan baik. Namun, suatu ketika datang badai menghempas dan air laut tiba-tiba naik dan akan menenggelamkan pulau itu. Semua penghuni pulau cepat-cepat berusaha menyelamatkan diri. Cinta semakin kebingungan sebab ia tidak dapat berenang dan tidak mempunyai perahu Ia berdiri ditepi pantai mencoba mencari pertolongan. Sementara itu air makin naik membasahi kaki cinta.



Tak lama Cinta melihat Kekayaan sedang mengayuh perahu. " Kekayaan ! Kekayaan ! Tolong aku ! " teriak Cinta. "



" Aduh ! Maaf Cinta !" kata Kekayaan, " Perahuku telah penuh dengan harta bendaku. Aku tidak dapat membawamu serta, nanti perahu ini tenggelam. Lagipula tak ada tempat lagi bagimu di perahu ini."



Lalu Kekayaan cepat-cepat mengayuh perahunya pergi. Cinta sedih sekali, namun kemudian dilihatnya Kegembiraan lewat dengan perahunya. " Kegembiraan ! Tolong aku !", teriak Cinta. Namun Kegembiraan terlalu gembira karena ia menemukan perahu sehingga ia tak mendengar teriakan Cinta.



Air makin tinggi membasahi Cinta sampai ke pinggang. Ia kian panik. Tak lama lewatlah Kecantikan. " Kecantikan bawalah aku bersamamu !", teriak Cinta.



" Wah, Cinta, kamu basah dan kotor. Aku tak bisa membawamu ikut. Nanti kamu mengotori perahuku yang indah ini, " sahut Kecantikan.



Cinta sedih sekali mendengarnya. Ia mulai menangis terisak-isak. Saat itu lewatlah Kesedihan. " Oh, Kesedihan, bawalah aku bersamamu, " kata Cinta.



" Maaf, Cinta. Aku sedang sedih dan aku ingin sendirian saja..." kata Kesedihan sambil terus mengayuh perahunya.



Cinta putus asa. Ia merasakan air makin naik dan akan meneggelamkannya. Pada saat kritis itulah tiba-tiba terdengar suaru. " Cinta ! Mari cepat naik ke perahuku !"

Cinta menoleh ke arah suaru itu dan melihat seorang tua dengan perahunya. Cepat-cepat Cinta naik ke perahu itu, tepat sebelum air meneggelamkannya. Di pulau terdekat, orang tua itu menurunkan Cinta dan segera pergi lagi. Pada saai itu barulah Cinta sadar bahwa ia sama sekali tidak mengetahui siapa orang tua yang menyelamatkannya itu. Cinta segera menanyakannya kepada seorang penduduk tua dipulau itu, siapa sebenarnya lelaki tua tadi.



" Oh, orang tua tadi? Dia adalah Waktu. " kata orang itu.



" Tapi, mengapa ia menyelamatkanku? Aku tak mengenalnya. Bahkan teman-teman yang mengenalku pun enggan menolongku" tanya Cinta heran.



Sebab, "kata orang itu, " Hanya waktu lah yang tahu berapa nilai sesungguhnya dari Cinta itu"



Lantas Apa yang dapat kita petik dari kisah diatas?

Bahwa Cinta dan Waktu saling berkaitan yang tidak bisa lepas dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai contoh untuk memulai sesuatu kita harus menaruh rasa Cinta pada hal yang ingin kita lakukan, seberapa maksimal hasil dari yang kita kerjakan hanya Waktu yang bisa menjawab pertanyaan itu.





With Love



~ LoVeR 25038
Tulisan Byanda vega sicilia

Selasa, 15 Februari 2011

Burung-burung kertas


Valent & Vienn adalah sepasang kekasih.Keduanya berasal dari keluarga yang berbeda latar belakangnya…

Dalam kehidupan mereka,Valent sangat mencintai Vienn.Sebagai bukti Cinta,Valent membuat 21.000 buah burung kertas pada ulang tahun Vienn yang ke-21...



Dalam tiap burung kertas tersebut Valent tlah menuliskan harapannya pada Vienn…

Banyak sekali harapan yang telah Valent ungkapkan kpd Vienn.”Semga kita bias disatukan dalam ikatan penikahan”,”Semoga Tuhan melindungi Vienn dari bahaya”,”Smga kita mendapatkan kehidupan yang bhagia”,dsb.Smua harapan itu telah disimbolkan dalam burung kertas warna warni…



Suatu hari Valent melipat burung kertasnya yang ke 21.000.Burung itu dilipat dengan kertas transparan.Ketika memberikan burung kertas ini,Valent berkata,

”Vienn,ini burung kertas yang ke 21.000.Dalam burung kertas ini aku mengharapkan adanya kejujuran & ketebukaan antara aku & kamu,aku akan melamarmu,&kita akn segera menikah.Semoga kita selalu bersma sampai Tuhan memanggil kita berdua”…



Saat mendengar Valent berkata demikian,menangislah Vienn,Ia berkata kpd Valent “Sayang,aku senang sekali mendengar semua itu,tetapi aku sekarang telah memutuskan utk tdk menikah denganmu,karena aku btuh uang & kekayaan”...



Saat mndengr itu,betapa marah dan kecewanya Valent....



Valent mulai terbakar semangatnya.Ia pun bertekad dalam dirinya bhwa ia harus sukses dan hidup berhasil.sikap Vienn tlah membangkitkan emosi dalam dirinya...

Dalam sebulan usaha Valent

menunjukkan hasilnya...

Sekarang tak seorang pun tak kenal Valent,Ia adalh bintang kesuksesan...



Suatu hari Valent pun berkeliling kota dg mobil barunya,Tiba2 dilihatnya sepasang pria & wanita tengah berjalan di dalam derasnya hujan,mereka kelhtan lusuh & tak terawat.Valent pun penasarn & mendekati mereka.& mendapati bahwa suami istri itu adalah orang tua Vienn…

Kemudian ia membuntuti kmna perginya orang tua Vienn………



Valent sngat terkejut,ktka didapati orang tua Vienn memasuki sbuah makam yang dipenuhi dengan burung2 kertas.Ia pun semakin terkejut,tatkala melihat foto Vienn dalam makam itu…

Valent berlari mendekati mrka,& mrka pun sma terkejutnya…



Lalu kmudian mrka menjelaskan,bahwa skrg mrka jatuh miskin,krna harta benda mrka habis utuk biaya pngobatan Vienn yang terkena kanker rahim ganas.

Vienn menitipkan sbuah surat kpd Orang tuanya,untuk diberikan kpd Valent,jika mrka bertemu dg Valent…



Dengan gmetar,Valent membaca surat itu….





"Valent,ma’afkan aku,aku terpaksa membohongimu.Aku terkena kanker rahim ganas yang tak mungkin disembuhkan.Aku tak mungkin mengatakan hal ini saat itu,karena jika itu aku lakukan,aku akan membuatmu jatuh k dalam kehidupan sentimentil yang penuh kputus asa’an,yang akn membawa hdupmu pada khancuran…

Aku tahu sifatmu itu,untuk itu aku lakukan itu…Karena aku sangat mencintaimu,Sayang…"





Tak sadar,Air mata sudah membasahi pipi Valent…

Ia telah berprasangka thdp Vienn bgtu kejamnya.Pdahl saat itu,Vienn tengah mati2an menghadapi smua rasa sakit seorang diri,sampai ajal menjemputnya…

Betapa sebenarnya Vienn mengharapkan ia ada disampingnya di saat2 penuh penderitaan itu.Tapi ia dengan bgitu tega mencemooh Vienn sbgai orang yang tidak berprasaan…



Vienn telah berkorbn untuknya,agar ia tidak jatuh dalam keputusasaan & kehancuran…





~ CINTA bukanlah sbuah pelukan atau ciuman,tetapi CINTA adlh pengorbanan utk orang yang sangat berarti utuk Kita ~









Salam Hangatku utk kalian smua,yang menghadirkan CINTA dalam hati & harimu……





~With Love~







~ LoVeR 250387 ~

Tulisan Byan Vega sicilia

4 LILIN


Ada 4 lilin yang menyala, Sedikit demi sedikit habis meleleh.
Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan mereka
Yang pertama berkata: “Aku adalah Damai.” “Namun manusia tak mampu menjagaku: maka lebih baik aku mematikan diriku saja!” Demikianlah sedikit demi sedikit sang lilin padam.

Yang kedua berkata: “Aku adalah Iman.” “Sayang aku tak berguna lagi.” “Manusia tak mau mengenalku, untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.” Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.

Dengan sedih giliran Lilin ketiga bicara: “Aku adalah Cinta.” “Tak mampu lagi aku untuk tetap menyala.” “Manusia tidak lagi memandang dan mengganggapku berguna.” “Mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya.” Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah Lilin ketiga.

Tanpa terduga…

Seorang anak saat itu masuk ke dalam kamar, dan melihat ketiga Lilin telah padam. Karena takut akan kegelapan itu, ia berkata: “Ekh apa yang terjadi?? Kalian harus tetap menyala, Aku takut akan kegelapan!”

Lalu ia mengangis tersedu-sedu.

Lalu dengan terharu Lilin keempat berkata:

Jangan takut, Janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan ketiga Lilin lainnya:

“Akulah HARAPAN.”

Dengan mata bersinar, sang anak mengambil Lilin Harapan, lalu menyalakan kembali ketiga Lilin lainnya.

Apa yang tidak pernah mati hanyalah HARAPAN yang ada dalam hati kita….dan masing-masing kita semoga dapat menjadi alat, seperti sang anak tersebut, yang dalam situasi apapun mampu menghidupkan kembali Iman, Damai, Cinta dengan HARAPAN-nya!

~ With Love ~

~ LoVeR 250387 ~
Tulisan Teman " Byanda vega sicilia "

Dilema

Waktu terus bergulir dengan cepat, setelah hampir setengah harian Aku berkeliling kota untuk mencari obyek liputanku dan sejauh ini aku belum juga menemukan berita yang menurutku layak untuk dicetak. Karena lelah dan lapar, akhirnya aku putuskan untuk berhenti sejenak di warung nasi dekat masjid di alun - alun kota untuk makan sekalian sholat. Sehabis sholat segera aku memesan makan yang sesuai dengan seleraku dan tak lupa ditemani dengan es kelapa muda kesukaanku. Dalam waktu sekejap makanan di depanku segera tandas tanpa tersisa sedikitpun.

Saat rasa lelah di tubuhku sedikit terobati dan juga aku merasa badanku sudah fit lagi, segera aku raih kamera dan ID wartawanku. Sebelum melangkah pergi meninggalkan warung aku menghampiri penjaga warung tersebut.

” Berapa bu ? ” Tanyaku

” Biasanya saja mas. Sudah dapat berita belum mas? ” jawab ibu tersebut.

” Belum bu ” kataku sambil menyerahkan sejumlah uang untuk bayar makanan dan minumanku tadi.

” Mas belum denger tentang berita kerusuhan di bagian barat kota. beritanya barusan saja mas, belum sampai sepuluh menit yang lalu. Ini ibu mau tutup sekarang, takut merembet ke sini mas. Coba mas kesana sepertinya sih belum berakhir mas kerusuhannya. ” kata ibu itu sambil menerima uang dariku.

” Terima kasih bu untuk beritanya. segera saya kesana bu “

Segera aku bergegas ke arah motor yang selalu setia menemaniku dalam menjalankan tugas. Meski sudah agak usang catnya, tapi karena mesinnya yang bandel membuatku segan tuk ganti motor baru. Segera kupacu motorku ke arah barat kota seperti yang ibu pemilik warung tadi katakan. Tak sampai setengah jam aku sudah sampai tujuan.

Aku memarkir motorku di depan rumah warga yang agak menjorok ke dalam dan menurutku aman dari aksi kerusuhan. Aku siapkan kameraku, sambil tak lupa kembali mengalungkan ID-ku sebagai wartawan. Dengan berjalan kaki aku terus mendekati area kerusuhan tersebut berlangsung. Tampak ratusan orang bersenjatakan benda - benda tumpul dan senjata tajam berlarian kesana – kemari tak tentu arahnya. Saling kejar dan saling serang terus terjadi diiringi dengan hujan batu yang tak hentinya berjatuhan.

Saat hendak mencari sudut yang pas untuk memotret peristiwa tersebut, mataku tertuju ke beberapa sosok tubuh yang tergeletak berlumuran darah. Ada yang terluka karena sabetan senjata tajam, ada pula yang terluka karena pukulan benda tumpul dan juga lemparan batu. Sementara disisi lain ratusan petugas polisi dan tentara yang ada sibuk memecah konsentrasi kedua kubu yang saling bertikai untuk melerai kerusuhan. Sedang di sisi lain beberapa petugas medis yang datang ke lokasi kesulitan menangani begitu banyak korban luka yang ada.

Bathinku menjerit melihat peristiwa tersebut. Satu sisi jiwaku ingin meneruskan aksiku untuk memotret peristiwa kerusuhan yang belum sempat aku foto, tapi di sisi lain, sisi kemanusianku berontak. Aku mencoba membayangkan jika salah satu dari korban tersebut adalah aku atau orang-orang terdekatku, apakah akan ada yang menolong? Setelah tertegun hampir dua menit dengan tubuh gemetaran menahan gejolak jiwaku, segera aku tutup lensa kameraku. Aku masukkan ke tas ransel di punggungku, tanpa pikir panjang aku segera menolong para korban.

Bersama beberapa petugas medis yang sudah tiba di lokasi, aku segera memapah mereka yang masih bisa berjalan meski tertatih ke tempat yang terlindung dari hujan batu dan kayu. Sementara yang pingsan segera dibopong ke ambulan-ambulan yang datang bergantian.Karena begitu banyak korban yang jatuh aku dan tenaga medis di lokasi sampai kewalahan. Aku sudah tak peduli bajuku terkena darah para korban.

Luka-luka yang diderita para korban begitu rupa. Ada yang terkena tebasan senjata tajam hingga beberapa bagian tubuhnya menganga, adapula yang terkena pukulan benda-benda tumpul hingga menyebabkan ada beberapa korban yang mengalami patah tulang. Sementara yang kepalanya bocor juga tak kalah banyaknya dan ini sangat mengerikan bagiku.

Saat memapah seorang yang mengalami luka di bagian kakinya karena terkena pentungan di lututnya, aku masih sempat menanyakan beberapa hal kepada korban tersebut sambil memapahnya ke arah tempat yang aman sambil menunggu ambulan datang menjemputnya.

“ Sebenarnya ada apa ni mas, kok bisa rusuh seperti ini? “ tanyaku.

“ Aku sendiri kurang begitu tahu mas, tapi menurut beberapa teman kejadiannya berawal dari ulah seorang warga kampung sebelah mas, saat ngamen katanya dia mencuri hp seorang warga disini mas. Tapi kepergok pemilik hp, terus diteriakin maling mas.” Itu yang saya tahu awalnya.

“ Terus kenapa mereka menyerang kampung ini mas? “

“ Menurut kabar yang beredar, si pengamen mengaku kalau dia dihajar sama warga sini mas sambil nantangin kampung sebelah tersebut untuk tawuran. Padahal saat kami menangkapnya, si pengamen tersebut tidak kami apa - apakan, dia hanya terjatuh ke got saat lari menghindari kejaran warga mas. Setelah hp berhasil diambil dia kami lepas kembali. Tapi karena wajahnya lebam terjatuh di got itu, kemungkinan dia terus mengadu kalau dipukuli warga sini mas “

“ Kejadiannya kapan mas? “

“ Semalam mas kejadiannya. Kami tidak menyangka jika mereka akan menyerang kami. Karena kami anggap permasalahan semalam sudah selesai mas dengan telah dikembalikannya hp korban. Karena itu seperti biasa beberapa pemuda disini yang menganggur nongkrong di perempatan dekat batas kampung mas, la saat nongkrong itulah mereka diserang oleh puluhan warga sebelah mas.”

“ Ooo jadi gitu kejadiannya? Wah harus segera diselesaikan ini kesalahpahamannya mas. Eh mas tunggu disini dulu ya, saya mau bantu yang lainnya dulu. Nati kalau sudah ada ambulan biar mas segera dievakuasi ke rumah sakit.” Kataku saat aku sudah bisa membawa dia ke tempat yang lebih aman dari kerusuhan.

Sambil berjalan ke arah korban luka-luka yang lainnya, pikiranku masih melayang terus. Aku sudah tidak memikirkan lagi apa yang akan terjadi nanti padaku. Aku tak peduli dengan liputan yang tadinya akan aku lakukan, meski aku lihat beberapa teman-temanku dari media lain sibuk mengambil foto dan merekan video kerusuhan tersebut. Tak kuhiraukan saat beberapa teman wartawan yang sedang meliput kejadian tersebut menyapaku. Yang ada dibenakku sekarang hanya menolong para korban baik yang selamat maupun korban meniggal. Tapi tetap yang aku utamakan para korban selamat dulu.

Tak terasa waktu terus bergulir dengan cepatnya. Saat matahari mendekati peraduannya, polisi dan aparat keamanan sudah berhasil menguasai keadaan dan memecah konsentrasi massa yang terlibat kerusuhan. Saat adzan maghrib berkumandang, aku lihat keadaan sudah benar-benar mampu dikendalikan oleh polisi. Sedangkan para korban yang terluka dan meninggal sudah berhasil dievakuasi oleh tenaga medis yang ada dengan bantuan beberapa petugas kemanan.

Mataku terus kusapukan ke sekelilingku, aku lihat puluhan rumah dan kendaraan yang mengalami rusak parah. Ada yang kacanya pecah, ada yang atap rumahnya sudah berantakan terkena lemparan batu dan kayu. Sementara beberapa mobil tampak terbalik dan terbakar menambah ngeri pemandangan di mataku. Sementara di sisi-sisi lain lokasi bekas kerusuhan, tampak wanita dan anak-anak kecil masih menangis ketakutan.

Setelah aku yakin jika semua korban berhasil di evakuasi, segera aku berjalan ke arah di mana motorku tadi aku parkir. Tak terasa karena asyik menolong para korban, ternyata aku telah jauh meninggalkan lokasi parkir motorku. Dengan badanku yang mulai terasa keletihan, aku terus berjalan kaki. Beberapa kali aku kembali berpapasan dengan beberapa wartawan dari media lain yang masih meliput sisa-sisa dari kerusuhan tersebut. Kali ini aku tanggapi sapaan beberapa wartawan yang aku kenal. Mereka tampak terheran-heran melihat bajuku yang penuh bercak darah. Tetapi mereka tak berani bertanya tentang keadaanku. Semua hanya menyapa biasa saja.

Setelah sekitar 20 menit aku berjalan menyusuri jalanan tersebut, akhirnya sampai juga aku di tempat mana aku memarkir motorku. Segera aku mengendarai motor tersebut untuk pulang ke kantor. Aku sudah tak memikirkan lagi apa yang akan aku sampaikan nanti jika redakturku sampai bertanya tentang hasil liputanku. Yang aku pikirkan sekarang hanyalah balik ke kantor dan setelah itu cepat balik ke rumah untuk istirahat.

Setelah hampir 45 menitan aku mengendarai motorku, akhirnya sampai juga di kantor. Baru saja aku masuk pintu gerbang berpasang-pasang mata sudah mengawasi keadaanku. Mulai dari security sampai teman sekantor yang sudah pulang melihatiku dengan heran. Mereka tak pernah melihatku datang dengan wajah begitu lusuh, tapi kini aku datang tak hanya dengan keadaan lusuh dan juga dengan baju bernoda darah.

” Arya mana hasil liputanmu tentang kerusuhan yang terjadi hari ini? Kalau bisa kamu lampirin foto-foto orisinil hasil jepretanmu. Cepetan aku tunggu diruang redaksi ” Sambut pak Heru saat melihatku masuk ke kantor dan hendak melangkah ke meja kerjaku. pak Heru adalah atasanku di suratkabar terbaik kota ini. Dia terheran bajuku penuh dengan bercak-bercak darah.

” Maaf pak, aku tidak bisa memberikan liputanku tentang peristiwa kerusuhan yang terjadi tadi pak.”

” Kenapa Arya? Sebagai wartawan senior kamu harusnya sudah bisa memberikan liputanmu tentang peristiwa kerusuhan tadi Arya?”

” Saya tadi tidak sempat meliput kejadiannya pak. Keadaannya terlalu kacau pak!”

” Kacau bagaimana? Terus apa yang kamu lakukan disana? Ingat tugasmu sebagai wartawan Arya!”

Aku tertegun mendengar kata-kata pak heru yang memberondongku tanpa ampun. Kembali aku teringat posisiku di kantor ini. Aku memang seorang wartawan senior di sini. Meski baru setahun ditarik ke kantor pusat surat kabar ini, tapi aku sudah lebih dari 5 tahun jadi wartawan di surat kabar tempatku bekerja saat ini. Selama 5 tahun ini aku sudah pernah ditempatkan di 2 kota yang berbeda sebelumnya. Dan Kota ini merupakan kota ketiga yang aku tempati semenjak menjadi wartawan.

” Kenapa kamu diam Arya?”

” Saya tadi sebenarnya sudah datang ke lokasi pak, tapi……….” Jawabku agak tergagap

” Tapi apa Arya? “

” Tapi keadaan begitu kacau pak. Begitu banyak korban yang jatuh akibat kerusuhan itu pak. Banyak korban luka-luka yang butuh pertolongan pak ” Jawabku

” Eh tugasmu sebagai wartawan itu meliput suatu kejadian, bukan sebagai tenaga medis. Tahu kamu? ” Hardik pak Heru

” Tapi pak tenaga medis yang datang ke lokasi sangat kurang pak, sehingga banyak korban luka butuh pertolongan pak. Karena itu saya berinisiatif untuk membantu para korban pak.”

” Ngapain kamu ikut-ikutan membantu para korban kerusuhan? Mending kamu ambil foto-foto kerusuhan tersebut dan segera membuat reportasenya. Bukankah itu tugas dan tanggung jawabmu? “

” Iya pak, tapi sisi kemanusian saya berontak pak. Saya tak bisa membiarkan para korban bergelimpangan di jalan tanpa ada yang berinisiatif membantu membawanya ke tempat yang aman pak!”

” Membantu mereka? begitu maksudmu? Apa itu tugasmu sebagai wartawan? ” jawab pak heru dengan nada semakin tinggi.

” Pak Heru apa saya salah kalau membantuu mereka? “

” Salah! Karena itu bukan tugasmu ?” Hardik pak Heru lagi.

” Salah pak? Salah dari sisi mana pak? Selama saya bertugas sebagai wartawan, baru kali ini saya tidak membuat liputan pak. Biasanya tiap hari saya selalu mebuat laporan tentang apa yang saya liput, meski kadang hanya berita Ringan yang saya sajikan. Sekarang saat saya tidak membuat laporan karena menolong korban kerusuhan, saya bapak salahkan! ” Jawabku

” Iya saya menyalahkanmu. Karena kamu lalai dari tugas dan tanggung jawabmu sebagai wartawan. Bukankah kamu sudah sering meliput kasus kriminal dan kecelakaan Arya?”

” Iya pak memang saya pernah meliput hal itu, tapi ini lain pak. Jika di kriminal biasa paling korban hanya 1 atau 2 orang maksimal 10 orang, tapi dikasus kerusuhan bisa sampai puluhan orang pak. Sedang tenaga medis sangat terbatas. Pernahkah bapak membayangkan bapak di posisi saya, sedang ada di daerah kerusuhan melihat begitu banyak korban terluka yang butuh pertolongan sementara tenaga medis di lapangan sangat terbatas. Pernahkah Pak? ” Tanyaku

” Tak perlu aku membayangkannya Arya, Dan andai aku mengalaminya, aku akan tetap meliput beritanya ” Jawab pak Heru ketus

” Sungguh terlalu anda Pak. Seandainya salah satu korban tersebut adalah anggota keluarga bapak? saudara Bapak? ataupun Teman karib Bapak? Apa yang akan bapak lakukan? ” tanyaku dengan emosi yang mulai mendidih mendengar kata-katanya dan juga kilatan matanya yang berapi-api.

” Jangan berandai-andai sesuatu yang tidak sedang terjadi Arya. Yang saya tanyakan hanyalah tugasmu sebagai wartawan ? “

” Ok jika bapak tidak menerima alasan saya yang tidak bisa memberikan laporan liputan untuk hari, saya terima pak. Apa sanksi yang akan bapak berikan untuk saya? ” Jawabku dengan nada penuh emosi.

” Kamu nantangin saya untuk memberi sanksi kepadamu? “

” Tidak pak. Tapi saya sudah tak bisa memberi alasan lagi untuk bapak. oleh karena itu saya siap menerima sanksi apapun dari bapak selaku atasan saya “

” Kamu saya skorsing untuk tidak meliput selama seminggu sebagai hukuman atas kelalaianmu hari ini. ” Jawab pak Heru

” Bapak gak usah repot-repot menskorsing saya seminggu pak. Mending saya membuat surat pengunduran diri saja sekalian pak. Bukankah hal itu lebih baik pak” Jawabku dengan emosi yang makin tak terkendali setelah mendengar kesewenang-wenangannya..

” Terserah keputusanmu Arya. Meski kamu wartawan senior dan sangat loyal kepada perusahaan. Tapi kesalahanmu ini sungguh tak bisa aku tolerir. ”

” Ok pak. Besok saya akan serahkan surat pengunduran diri saya. Dan sekarang mendingan saya pulang. Selamat malam pak ”

” Arya tunggu, jangan kamu tinggalkan kantor dulu. Tak bisakah kamu ngomong baik-baik dulu.” kata pak Heru sedikit kaget saat mendengar kalimatku yang terakhir.

” Ngomong apalagi pak. Bapak sudah tidak menerima alasan saya hari ini yang tak memberikan liputan tentang kerusuhan karena sisi kemanusian saya memilih menolong para korban kerusuhan. Jadi mending saya pulang untuk istirahat biar besok saya bisa ke sini untuk menyerahkan surat pengunduran diri saya.” Jawabku

” Arya tunggu dulu, saya mau minta maaf atas kesalahan saya dalam menegurmu tadi. Tak seharusnya saya berkata seperti itu.” Bujuk pak Heru mencoba menenangkan diri saya yang terlanjur emosi.

” Bapak tak perlu minta maaf. Bapak tidak salah, karena bapak atasan saya.”

” Arya pertimbangkan dulu keputusanmu mengundurkan diri dari surat kabar ini.” Pinta pak Heru

” Apa bapak akan mencoba mentolerir perbuatan saya? Sepertinya suda terlambat pak, karena saya yakin jika ke depannya saya melakukan hal yang sama lagi, bapak pasti akan marah-marah lagi kepada saya. iyakan?”

” Sekali lagi maafkan saya Arya! “

” Saya sudah memakluminya pak. Tapi saya tidak bisa menarik pernyataan pengunduran diri saya pak. Saya tak bisa berdiam diri jika suatu saat saya terlibat kejadian seperti siang tadi pak. Selamat malam.”

Pak Heru hanya tersenyum kecut sambil melongo, ketika aku melangkah pergi meninggalkan ruangan kerjaku. Ya hari ini aku terpukul dengan sikap arogan pak Heru yang tak mau mengerti pembelaanku tadi. Sebagai wartawan aku sadar jika harus selalu membuat liputan setiap kejadian yang aku jumpai. Tapi sebagai manusia biasa aku juga tak bisa tinggal diam melihat para korban kerusuhan berjatuhan tanpa mendapat bantuan medis. Aku tak bisa membuat liputan, sementara masih banyak korban yang belum tertangani oleh tenaga medis. Kemana hati nuraniku jika aku tetap sibuk dengan liputanku. Biarlah aku kehilangan pekerjaanku, daripada kehilangan sisi kemanusianku.

Denpasar, 1415022011.1819

Masopu

Sabtu, 12 Februari 2011

Tendangan Spektakuler Rooney Menangkan United


Partai derby Manchester antara tuan rumah Manchester United melawan tim kaya raya Manchester City baru saja usai. Partai yang berlangsung di stadion Old Trafford ini berkahir dengan kemenangan 2-1 United. Gol united dicetak melalui aksi memikat Nani dan tendangan Spektakuler striker andalannya yang kembali mencoba menemukan bentuk permainan terbaiknya, Wayne Rooney. Sedangkan gol City dicetak melalui tebdangan keberuntungan Dzeko yang berbelok arah setelah membentur punggung David Silva.

Derby ke-158 kota manchester berlangsung menarik mulai dari saat kick off babak pertama dimulai. Kedua tim tampil saling menyerang. Sama-sama menampilkan formasi 4-5-1, kedua tim terlibat pertarungan sengit dilapangan tengah. United dengan formasi gelandang yang diisi oleh Nani, Anderson, Scholes, Fletcher dan Ryan Giggs beradu menguasai lini tengah melawan lima gelandang City yang diisi oleh Silva, Barry, Milner, Alexabdre Kolarov dan Yaya Toure. Serunya pertarungan di lini tengah ini menjadi penyebab begitu minimnya peluang selama babak pertama. Tercatat hanya beberapa peluang yang membahayakan kedua kubu.

Pada menit ke-15 sebuah umpan silang dari Yaya Toure berhasil dipotong dengan baik oleh Criss Smalling. Terus mendapat tekana dari City selama babak pertama, bukan berarti United tanpa peluang. Tercatat di menit ke-27 kerjasama Nani-Anderson mampu menerobos lini belakang City, sayang bola masih bisa diirebut oleh Richards.

Memasuki menit ke-34 umpan silang Giggsy mampu disundul dengan baik oleh Jhon O’shea, tapi sayangnya arah bola tepat ke jangakauan kiper Joe Hart. Akhirnya kebuntuan serangan United di babak pertama pecah di menit ke-41 saat umpan jauh Van Der Sar diarahkan ke Giggs melaui sundulan Rooney. Begitu menerima bola, Giggsy langsung mengirim bola ke arah Nani yang berlari dari kawalan Pablo Zabaleta. Dengan ketenangannya, Nani mendorong bola ke sisi kiri gawang City yang tak mampu dijangkau Hart. Kedudukan 1-0 bertahan sampai peluit pertanda babak pertama berakhir berbunyi.

Memasuki babak ke dua keadaan masih sama dengan babak pertama, City lebih banyak menguasai ball posessions. Meski begitu sampai menit ke-60 serangan city tak mampu menembus kokohnya lini belakang United yang dikawal kuartet O’shea, Smalling, Vidic dan Evra. Serangan yang mereka bangun selalu kandas membentur tembok kokoh United.

Untuk memperkuat daya serang the Citizens, pelatih Roberto Mancini memasukkan striker baru mereka Edin Dzeko di menit ke-60 menggantikan posisi James Milner. Dengan masuknya Dzeko, Serangan City semakin membahayakan gawang United. Dan akhirnya di menit ke-65 memanfaatkan crossing SWP, Dzeko menendang bola masuk ke gawang United tanpa mampu dijangkau Van Der Sar setelah sebelumnya bola membentur punggung David Silva. Proses gol tersebut sangat unik, dalam kawalan Smalling, Dzeko melepas tendangan sambil menjatuhkan diri. Arah bola sebenarnya keluar, tapi karena terbentur punggung SIlva bola berbelok arah ke sisi kanan United tanpa sempat dijangkau Van Der Sar..

Untuk merespon perubahan pola serangan City setelah masuknya Dzeko, Fergie akhirnya memasukkan top skor EPL musim ini berbatov di menit ke-67. Masuknya Berba membuat konsentrasi lini belakang City terpecah. Jika sebelumnya mereka hanya fokus menjaga pergerakan Rooney dan Juga Nani, kini mereka juga harus menjaga pergerakan Berbatov. Terbukti di menit ke-78 melalui serangan cepat yang diawali aksi memikat Nani, Bola lambung dari sisi kiri pertahanan City diteruskan dengan tendangan salto memukau Rooney. Gol ke-6 Rooney musim ini sontak membuat pendukung City terdiam beberapa saat berganti dengan gemuruh suara pendukung United.

Sebenarnya sebelum gol Rooney tersebut, beberapa kali aksi memikat Dzeko-Silva-Tevez mampu memberi ancaman ke lini pertahanan United. Tapi aksi gemilang Smalling di lini belakang membuat gawang Van Der Sar aman dari kebobolan gol lebih banyak lagi. Beberapa kali Smalling dengan insting permainan yang semakin terasah mampu membaca dan menggagalkan serangan-serangan City.

Setelah gol Rooney tersebut United mampu mengimbangi dominasi City. Jika sampai gol yang dicetak oleh Dzeko Ball Posessions dikuasi oleh City dengan perbandingan 48%-52% untuk City, maka akhir babak kedua ball Posessions jadi berimbang. Meski dari statistik lainnya United kalah. Tercata City melakukan shoot on target 7-5 dan tendangan sudut 8-5 semua untuk keunggulan City.

Dengan kemenangan ini, United mengokohkan dirinya di puncak klasemen EPL dengan poin 57 dari 26 partai meninggalkan Arsenal di posisi kedua dengan 50 poin dari 25 partai dan City di tempat ke-3 dengan 49 poin dari 27 partai yang telah dilalui. Dan kemenangan ini seakan memupus anggapan jika kekalahan United minggu kemarin sebagai pertanda jika United sudah mulai goyah.

Susunan pemain:

MU: Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Chris Smalling, Patrice Evra, John O’Shea; Paul Scholes (Michael Carrick 78), Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani; Wayne Rooney, Anderson (Dimitar Berbatov 67)
City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Micah Richards; Gareth Barry, James Milner (Edin Dzeko 61), Aleksandar Kolarov (Shaun Wright-Phillips 52), David Silva; Carlos Tevez, Yaya Toure

Denpasar, 12022011.2242
Masopu

Rabu, 09 Februari 2011

Fitnah

Jum’at, 4 februari 2011
Ku lihat seorang perwira polisi datang menghampiriku sesaat sebelum aku mengambil dan membawa jenasah kakakku Arya yang telah menjalani ekskusi hukuman matinya tadi pagi sehabis sholat subuh. Setelah bersalaman denganku dan beberapa anggota keluargaku yang ikut mendampingi ke lapas tempat kakak menjalani sisa hidupnya tersebut.
” Mas ini ada beberapa benda yang dititipkan untuk mas sesaat sebelum Arya menjalani hukumannya tadi pagi ” Kata perwira polisi tersebut.
” Apakah ada pesan terakhir dari mas Arya pak untuk anggota keluarga, teman ataupun saudaranya pak? ” Tanyaku sambil menerima beberapa helai pakaian, dua buah sarung, sebuah kopyah serta Al Qur’an pemberianku dulu yang selalu menemaninya di hari-hari terakhirnya. Semua itu sudah dibungkus rapi olehnya.
” Tidak ada mas. Beliau hanya menitipkan itu semua untuk disampaikan kepada keluarga yang menjemput jenasahnya. Itu saja mas.” Kata perwira tersebut.
” Terima kasih pak telah menyampaikan amanat terakhir dari mas Arya kepada kami pak” Kataku lagi sambil membuka selembar surat yang terselip di antara lembaran-lembaran tulisan ayat suci al-quran yang diserahkan polisi tersebut kepadaku. Segera aku buka surat tersebut.
Untuk adikku Agung
Assalamualaikum wr.wb
Maafkan aku tidak bisa menjaga dirimu sampai kamu dan adikmu Liza menikah seperti amanat yang telah Ayah dan Ibu amanatkan sebelum beliau meninggal dunia.
Aku titipkan adikmu Liza dan istriku Henny serta anakku Dhani untuk kau jaga sebaik-baiknya. Jaga mereka sebaik-baiknya. Jangan sampai kau lukai hati dan perasaan mereka.
Dik, aku ingin jasadku dimakamkan disamping makam ayah dan ibu. Ini sebagai bukti kalau aku sangat sayang dan menghormati mereka, jadi tak mungkin aku melakukan hal yang bisa memalukan mereka.
Sedang untukmu, bersabar ya menghadapi semua cobaan ini. Percayalah kakakmu bukanlah pelaku semua tuduhan keji tersebut. Jika nantinya kamu menemukan bukti yang menyatakan aku tak bersalah, Maafkan mereka dik. Jangan kau lumuri hatimu dengan api dendam. Aku percaya terhadap dirimu.
Kakakmu
Arya
Dengan mata berkaca-kaca aku segera melipat surat terbeut. kembali aku teringat saat beberapa bulan yang lalu aku menjenguk mas Arya. Beberapa minggu setelah kasasi hukuman mati yang diberikan untuk kakak ditolak. Dia menceritakan jika selama ini ada yang membenci dia dan berniat menjatuhkan usahanya yang telah berjalan beberapa tahun dengan sangat baik. Tapi mas Arya tidak menceritakan siapa orang tersebut. Menurut dia, percuma aku tahu, bukannya menyelesaikan masalah, malah akan memperumit masalahnya, apalagi dia tidak punya bukti kuat atas praduganya tersebut.
Setelah semua urusan selesai segera aku dan rombongan yang ikut mengambil jenasah mas Arya pulang ke rumah keluargaku untuk segera mengurusi acara pemakaman mas Arya.
==========================================================
5 Tahun sebelumnya
Malam ini seperti biasa aku belajar di ruang tengah rumah mas Arya sambil menemani Dhani bermain. Bocah laki-laki berusia 1,5 tahun tersebut bermain dengan riang. Dia termasuk anak yang tidak terlalu rewel, asal mainan yang diinginkan sudah diambilkan, maka dengan ceria dia akan memainkannya sendiri kadangkala sampai capek dan tertidur sendiri di atas karpet yang selalu mengalasi ruang tengah tersebut. Sementara ibunya, mbak Henny sedang membereskan sisa makan malam saya dan Liza. Tak berapa lama kemudian mbak Henny masuk ke ruang tengah untuk menemani Dhani bermain sambil biasanya bercerita dengan aku.
Aku dan Liza adikku awalnya tinggal bersama Ayah dan Ibu, Tapi setelah beliau berdua meninggal karena kecelakaan setahun yang lalu aku dan Liza dijemput mas Arya unttuk tinggal di rumahnya. Kata mas Dhani waktu itu biar dia bisa mengawasi dan mengurusi segala sesuatunya tentang kami sampai kami menikah kelak. Hal itu menurut mas Arya adalah wasiat ayah dan ibu beberapa hari sebelum kecelakaan itu merenggut nyawa mereka.
Saat jam dinding menunjukkan pukul 21.30 akhirnya mas Arya pulang. hampir setiap hari mas Arya pulang jam segitu. Setelah semua karyawan toko pakain yang dia kelola sudah pulang. Saat pulang biasanya dia membawa sedikit kue yang sempat dibelinya di jalan.
Sejak baru memulai usahanya mas Arya memang terkenal sebagai pribadi yang rajin, ulet dan tekun. Jadi tak heran jika tokonya maju pesat. Selain sikap tekun dan keuletan dia, mas Arya menurut karyawannya adalah orang yang supel, murah senyum, sangat perhatian terhadap karyawannya dan dalam berjualan dia tidak mementingkan keuntungan yang besar, asal barang lancar dia sudah cukup senang meski hasilnya tak seberapa besar.
Kemajuan usaha mas Arya sedikit banyak berpengaruh pada kehidupan keluarganya. Mereka kini bisa tinggal di rumah yang layak untuk ukuran kota kabupaten seperti tempat kami tinggal ini. Seringkali keberhasilan mas Arya memberi inspirasi bagi tetangga-tetangga kiri kanan kami untuk gigih dan giat berusaha sepertinya. Namun tak jarang juga menyebabkan rasa iri pada orang-orang tertentu. Tapi hal itu tak membuat mas Arya berbalik membenci mereka. Dia tetap menganggap mereka sahabat dan tak segan membantunya saat mereka butuh.
Tapi malam ini, terlihat mas Arya agak kusut mukanya gak tahu apa yang terjadi. Dia memang tipe orang yang suka menutupi suatu masalah sampai masalah tersebut dirasanya sudah selesai dan andai diceritakan tak akan memperburuk masalah. Mas Arya memang sikapnya paling mirip dengan almarhumah Ibuku. Pandai menyelesaikan masalah tanpa menghadirkan masalah baru. Ya mereka berdua sangat sabar dan bijaksana.
“ Mas kenapa kok kelihatan kusut begitu?”Tanyaku
“ Gak apa-apa Gung, hanya kecapekan saja tadi banyak pengunjung di toko. Kamu dah makan belum?” mencoba mengalihkan pembicaraanku tadi.
“ Sudah mas tadi makan bareng Dhani dan Mbak Henny serta Liza. Mas Arya sudah makan belum?”
“ Sudah tadi sempatin mampir di ayam goreng yang di perempatan itu gung. Ya sudah sana istirahat. Besok kamu kuliah pagi kan.Dhani biar aku pindahin ntar”
“ Iya mas aku kuliah pagi besok. Aku tidur dulu ya” Jawabku sambil melangkah ke kamarku yang terletak di tengah.
====================================================================

Beni mondar-mandir diruangannya. Di depannya nampak Rama dan Zaki yang merupakan orang kepercayannya. Dia terus berjalan mondarimandir sambil sesekali melihat keluar dari jendela ruangannya. Dia terus memperhatikan Toko pakain yang ada di seberang jalan. Ya toko pakain itu maju pesat. Mengalahkan toko pakain warisan orang tuanya. yang sudah sepuluh tahun lebih buka. Sedang toko di seberang jalan tersebut baru 4 tahunan buka, tapi omzetnya meningkat pesat tiapbulannya.
“ Hei kalian lihat tokonya Arya di sana? Kenapa toko itu begitu cepat berkembangnya mengalahkan toko kita ini?” tanya benny memecah kebisuan diantara mereka.
“ Bang Benny tahu, mereka jualan baju murah banget bang bahkan mungkin untungnya sangat tipis. Kalau abang mau saingan sama mereka kenapa gak abang gak jualan semurah mungkin saja bang. Asal dapat untung.” Jawab Zaki.
“ Aku sudah lakukan itu Zak, tapi tetap aku masih kalah ramai dengan mereka.”
“ Kasih discount atau apalah gitu bang, agar konsumen beralih ke kita”
“ Hal itu sudah kulakukan juga Ram. Bahkan aku beberapa kali menebarkan oleh-oleh dari dukun di depan toko Arya, tapi gak ada hasilnya”
“ Wah Bang Benny juga sudah melakukan hal itu bang?. Berarti bang Benny harus cari cara lain bang” Sahut Rama lagi.
“ Melakukan apa Ram?” Sahut Benny sambil mengerutkan keningnya
“ Cara halus sudah Abang lakukan, Sekarang coba cara saya bang. Abang lihatkan selain pembeli eceran, dia juga melayani pembeli grosiran dari luar kota. Serta menerima kiriman barang dari luar kota. Nah saat ada kiriman dari dan ke luar kota kita sisipin barang kirimannya dengan Narkoba bang biar dia ditangkap polisi.” Rama menjelaskan apa yang melintasi pikirannya.
“ Apa kau jamin caramu akan berhasil Ram?”
“ Mau berhasil, serahkan padaku. Dijamin akan berhasil.” Sahut rama meyakinkan
“ Okey, atur saja dan ingat jangan bawa-bawa namaku jika rencana kalian gagal ok.”
“ Okey bang” Sahut Rama lagi.
================================================================

Arya baru saja selesai makan siang, saat tiba-tiba datang serombongan polisi baik berpakain dinas maupun yang berpakain biasa. Mereka langsung menghampiri Arya.
“ Selamat siang pak. Kami membawa surat penangkapan dan penggeledahan tempat usaha bapak atas tuduhan terlibat penjualan Narkoba.” Sapa komandan polisi tersebut sambil memperlihatkan surat perintah yang dibawanya.
“ Lo pak apa tidak salah alamat pak. Saya hanyalah seorang pedagang pakain di kota ini pak. Tak lebih. Mana mungkin saya jual narkoba.”
“ Silahkan bapak buktikan nanti di kantor polisi. Sebelumnya ijinkan kami menggeledah tempat usaha bapak!”
“ Silahkan pak.” Jawab Arya yang yakin kalau dia tidak terlibat apa yang ddituduhkan polisi tersebut.
Segera beberapa polisi tersebut menggeledah ruang penyimpanan baju yang baru datang dan juga ruang untuk memaking pakain yang akan dikirim ke luar kota. Sementara Arya ditemani 2 orang karyawannya mengikuti dibelakangnya.
“ Pak ini apa?” Tanya komandan polisi tersebut saat menemukan beberapa bungkus serbuk putih yang terselip diantara karung-karung pakain kiriman dari suplier di luar kota.
“ Sa….sa…saya tidak tahu pak. Selama ini saya hanya bisnis pakain pak!’
“ Terus ini apa? Sudah jelas anda menyelendupkan narkoba melalui paket pakaain daei luar kota”
“ Kapten segera periksa semua karung kiriman pakai tersebut. Siapa tahu masih ada yang lainnya.”
“ Siap komandan” Sahut polisi berpangkat kaptem tersebut diikuti oleh beberapa orang temannya.
Arya semakin terkejut saat dari beberapa karung pakain kiriman yang baru datang 2 hari yang lalu kembali ditemukan bungkusan-bungkusan yang dicurigai sebagai narkoba. Selama ini kiriman pakain dari suplier tersbut tidak pernah bermasalah, tapi kenapa sekarang ada belasan bungkus narkoba di dalamnya. Setelah selesai memeriksa semua kiriman barang dari luar kota dan rak-rak pakain baik di gudang maupun di ruang depan, segera para polisi tersebut menggelandang Arya dan beberapa karyawannya ke kantor polisi.
Sesampainya di kantor polisi, polisi segera menimbang barang bukti yang dibawa dari toko mas Arya sambil terus menginterogasi Arya dan beberapa karyawan tokonya. Ternyata narkoba yang di dapat seberat 15 kg jenis. Arya bingung dan tak harus ngomong apa, karena selama ini memang dia tak pernah berurusan dengan barang haram tersebut. Tapi kenapa tiba-tiba sudah ada di dalam gudang tokonya.

===========================================================

Setelah melalui sidang panjang dan memakan waktu yang lama, mulai dari pengadilan negeri sampai tingkat kasasi akhirnya keputusan tetap. Arya terbukti bersalah telah memiliki benda haram tersebut. Dan akhir dari putusan pengadilan adalah hukuman mati untuk Arya seperti keputusan yang telah ditetapkan oleh pengadilan Negeri kota tersebut sedari awal.

Hal ini terjadi karena selama proses pengadilan Arya tidak mampu membuktikan kalau dia tiada bersalah. Dan sejumlah saksi baik dari pihak kepolisian maupun saksi-saksi yang tiada dikenalnya telah menguatkan tuduhan kepemilikan narkoba tersebut. Hanya karyawan dan orang dekatnya saja yang bersaksi meringankan tuduhan tersebut. Tapi semua kesaksian itu tak mampu menghindarkan Arya dari hukuman mati. Ekskusi akan dilakukan tanggal 4 februari 2011. Seperti ketetapan yang telah dibuat oleh pengadilan setempat, setelah kasasinya ditolak.

Denpasar, 08022011.0537
Masopu

NOTE: Foto ngambil disini di OKEZONE

Sabtu, 05 Februari 2011

SBY Tirulah Kepemimpinan Mereka



Dalam beberapa hari ini saya sangat tertarik membaca profil 3 orang walikota yang sangat berdedikasi dengan tugas yang dia emban dan sangat menjunjung tinggi kepentingan rakyat yang dipimpinya. 3 orang walikota tersebut adalah Walikota Solo Bapak Joko Widodo, Walikota Jogjakarta Bapak Herry Zudianto dan Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini.
1. Walikota Solo Bapak Joko Widodo

Walikota Solo ini sudah menjabat sepanjang 2 periode masa kepemimpinan dan saat ini memimpin Kota Solo berdampingan dengan Wakil walikota Bapak FX Hadi Rudyatmo. Yang patut kita teladani dari kepemimpinan Beliau adalah sejak mulai menjabat sampai hari ini beliau belum pernah mengambil gajinya sebagai pejabat Walikota. Selain itu dalam berdinas beliau tidak meminta dibelikan mobil dinas yang baru. Beliau tetap menggunakan mobil dinas Walikota Solo sebelumnya Slamet Suryanto, yang dibeli tahun 2002 silam. Menurut beliau asal mobilnya bisa mengantar dia bertugas dengan selamat, itu sudah cukup.

Kembali ke masalah gaji yang tidak pernah beliau ambil selama bertugas sebagai walikota hingga memasuki masa jabatan yang ke dua ini, beliau tidak mau bercerita tentang alasannya. Memang setiap bulan beliau selalu tanda tangan telah terima gaji, tapi beliau sendiri mengaku belum pernah melihat wujud amplop gajinya seperti apa. Maka tak heran jika akhirnya dia tidak tahu gajinya berapa besar.

Hal lain yang patut dicontoh adalah upayanya menertibkan para pedagang kaki lima di kota Solo. Jika selama ini di daerah lain, penertiban PKL selalu dilakukan dengan tindakan represif dengan mendatangkan satpol PP dan alat berat hal itu tidak berlaku di kota Solo. Jauh hari sebelum penertiban, tepatnya 7 bulan sebelum penertiban sang Walikota dan jajarannya mengadakan sosialisasi dengan jalan makan siang bersama dengan para pedagang kaki lima tersebut. Dari acara tersebut, Bapak Jokowi ( panggilan akrabnya ) bisa menyerap dan memahami aspirasi para pelaku usaha kecil tersebut. Setelah itu dia menetapkan cara-cara penanganan masalah PKL di kota Solo. Saat pemindahan PKL ke tempat penampungan baru yang lebih representatif, beliau mengerahkan para pengawal keraton kesultanan Solo sebagai wujud penghormatan terhadap pelaku usaha kecil tersebut.

Dari usaha penertiban tersebut, beberapa pasar yang sebelumnya semrawut berhasil ditertibkan. Pasar-pasar tersebut antara lain: Pasar Notoharjo, Pasar Nunukan, Pasar Kembalang, Pasar Sidodadi, Pasar Gading, Pusat jajan malam Langen Bogan dan Pasar malam Ngarsapura. Serta menjadikan Monumen Banjarsari lebih asri dan lebih rapi. Semua dengan pendekatan yang manusiawi dan terhindar dari perbuatan yang terkesan arogan dan semena-mena. Untuk lengkapnya bisa baca disini.

2. Walikota Jogjakarta H. Herry Zudianto

H. Herry Zudianto telah memimpin Kota Jogjakarta sejak tahun 2001 lalu. Dan masa jabatan beliau akan segera berakhir tahun ini. Sepanjang masa kepemimpinan beliau, Jogjakarta banyak mengalami perubahan. Di masa kepemimpinan Bapak Herry Zudianto sebagai Walikota, Jogjakarta berhasil meraih berbagai macam penghargaan di tingkat nasional. Di antara penghargaan yang diterima antara lain: Penghargaan Widya Krama ( Program penuntasan wajib belajar 9 tahun ), Penyelenggara bidang sanitasi terbaik tingkat nasional ( bidang pemukiman ), Adipura Bangun Praja tingkat nasional ( Bidang Lingkungan ), Otonomi Award tingkat nasional dan berbagai pernghargaan lainnya. Info lengkap disini

Di masa kepemimpinan beliau dan bantuan aparat di bawahnya, kota Jogjakarta semakin tertata rapi. Selain itu pada 29 November 2010, Walikota Jogjakarta kelahiran 31 Maret 1955 di Yogyakarta ini mendapatkan pernghargaan sebagai kota terbaik dalam menangani kasus korupsi. Penghargaan tersebut diperoleh setelah mengalahkan kota-kota lainnya di seantaro negeri ini. Kota-kota yang berhasil dikalahkan tersebut adalah Denpasar, Makasar, Sragen dan Jembrana. Info lengkap penghargaan tersebut silahkan check ditulisan ibu Ismawati Retno.

Sebelum aktif menjadi Walikota Jogajkarta yang oleh bapak Herry Zudianto malah lebih suka disebut sebagai kepala pelayan masyarakat Jogjakarta, Beliau telah aktif di berbagai kegiatan baik sosial maupun usaha. Tercatat beliau pernah aktif di organisasi Muhammadiyah sebagai bendahara II LPTP PP Muhammadiyah, sebagai bendahara Rumah Sakit Islam Jogjakarta, bendahara IPHI cabang Jogajakrta, BASIZ cabang Jogjakarta serta kegiatan lainnya. Di bidang usaha beliau mendirikan Wisma Batik “Margaria” Malioboro hingga mendirikan berbagai anak usaha salah satunya Pusat Khasanah Busana Muslim“Al-Fath”di bawah manajemen Margaria GroupYogyakarta (1981-sekarang). Bidodata lengkap beliau tertulis disini .

Dalam perjalanan karirnya yang panjang, beliau juga pernah mendapat teguran dari Mendagri saat ini Gamawan Fauzi karena tindakan beliau mengibarkan bendera setengah tiang di rumah kediamannya saat ramai polemik penetapan Guberbur-Wakil Gubernur Jogjakarta melalui RUUK Jogjakarta. Perbuatan tersebut sebagai rasa keprihatinan beliau atas polemik tersebut dan sebagai dukungan beliau untuk penetapan Sultan Hamengkubuwono dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jogjakarta tanpa melalui pemilihan yang sedang diperdebatkan oleh pemerintah presiden SBY. Selain mengibarkan bendera setengah tiang, Beliau juga membacakan puisi untuk negeri ini. Bunyi puisinya ada disini.

3. Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya ini baru dilantik bulan september 2010 kemarin. Namun masa jabatannya yang masih seumur jagung tersebut sudah diwarnai dengan upaya pemakzulan beliau oleh Wisnu Wardhana Cs yang dibantu oleh Wisnu Sakti Buana seperti yang pernah saya tuliskan 3 hari yang lalu disini. Meski akhirnya usaha pemakzulan itu gagal setelah beberapa DPP partai yang mendukung pemakzulan mendesak pengurusnya di kota Surabaya serta wakilnya di DPRD Surabaya untuk menarik dukungan pemakzulan tersebut. Namun buntut dari polemik tersebut telah memakan korban. Diantara korban yang harus turun adalah ketua DPRD Surabaya asal Partai Demokrat Wisnu Wardhana. Tak hanya turun dari jabatannya, tetapi juga dipecatnya Wisnu dari kenggotaan partai. Selain itu Wisnu Sakti Buana wakil ketua DPRD dari PDIP, juga harus mendapat teguran keras dari DPP PDIP melalui ketua umumnya Megawati. Serta di-PAW-kannya beberapa anggota DPRD yang ikut getol menyuarakan pemakzulan Ibu Risma. Selain itu juga mundurnya Wakil Walikota Bambang DH dari kursi yang didudukinya.

Masalah Bu Risma berawal dari perda tentang pajak reklame yang dibuatnya, serta kegigihan Beliau menentang pembangunan Tol tengah Kota. Dari kedua masalah itulah maka DPRD Surabaya melontarkan Hak Angket atas kasus tersebut yang berujung dengan pemakzulan terhadap Bu Risma yang gagal dilaksanakan setelah campur tangan pengurus DPP beberapa partai.

Yang patut diteladani oleh para petinggi negeri ini dan juga pemimpin daerah lain adalah kegigihan beliau untuk mempertahankan pendapatnya, tanpa merasa takut akan kehilangan jabatan. Beliau lebih memilih membela kepentingan rakyat yang diwakilinya di masa datang, daripada kepentingan sesaat orang-orang partai yang mengusungnya saat pemilukada tahun lalu. Saat negosiasi dengan perwakilan DPP PDIP, Beliau memilih mempertahankan Don Rosano orang telah mendampingi beliau jauh hari sebelum diusung oleh PDIP sebagai Calon Walikota di Pemilukada, daripada memenuhi tuntutan pemecatan dari partai tersebut.

Keteladanan Bu Risma sudah terlihat jauh hari sebelum beliau menjadi Walikota. Saat masih menjadi Kepala Dinas Pertamanan mulai 25 November 2005, dimana dia mampu menata lahan-lahan kosong aset Pemda Surabaya menjadi taman-taman yang asri di Kota Surabaya. Selain itu taman tersebut menyediakan sarana bermain gratis untuk warganya. Tak cukup sampai di situ, dia juga menjadikan Surabaya menjadi kota yang lebih bersih. Beliau tak segan untuk ikut mencabut rumput yang tumbuh liar serta membersihkan area yang kotor saat melakukan inspeksi mendadak ke daerah kerjanya.

Di masa kepemimpinan yang sedang beliau jalankan, Bu Risma berencana membenahi beberapa daerah kantong banjir di kota Pahlawan tersebut. Beliau berencana akan memperdalam dan melebarkan saluran drainase di daerah Rungkut, Wonorejo dan kawasan industri SIER, Sumberejo, Sememi, Kalibokor dan Mayjen Sungkono. Sementara untuk wilayah Demak, Beliau berencana melakukan pengerukan sampah di sepanjang aliran sungai yang telah penuh timbunan sampah tersebut.

Seandainya para pemimpin Indonesia mulai dari tingkat terendah sampai ke presiden SBY mau meniru sikap keteladanan mereka, saya yakin dalam 10 tahun ke depan negara ini akan mencapai kemajuan yang sangat signifikan, Korupsi akan tertangani dengan baik, Jeritan rakyat miskin akan semakin jarang terdengar, angka kriminalitas akan menurun drastis, buta aksara semakin sedikit dan yang pasti angak kemakmuran akan semakin meningkat. Selain itu saya yakin tak akan adalagi pejabat yang curhat tentang gaji yang tak pernah naik selama sekian tahun, karena malu sama yang level di bawahnya selama menjabat tak pernah mengambil uang gajinya. Dan yang pasti akan semakin malu melihat kasus korupsi yang transparan tapi tidak tertangani dengan tuntas.

Selain mereka bertiga masih ada 3 orang lagi yang patut dijadikan teladan untuk kita semua di saat ini. Meraka adalah Bapak Mar’ie Muhammad mantan menteri keungan sekaligus ketua PMI yang pernah dijuluki mantan pejabat terbersih di jamannya. Bapak Rochmin Dahuri mantan menteri Kelautan dan Perikanan yang jadi tumbal pemerintahan sebelumnya karena kejujuran yang beliau pegang teguh. dan juga Bapak BJ Habibie seorang tekhnokrat yang selalu saya kagumi kemampuan berpikirnya serta rasa cinta tanah airnya. Hingga rela menolak tawaran dari Boeing untuk bekerja di perusahaan tersebut dengan iming-iming gaji berkali lipat dari yang dia dapat sebagai menristek dan dirut PT IPTN ( Sebelum ganti nama menjadi PT DI ).

Jika ada tokoh lain yang masih hidup dan aktif berkarya yang patut dijadikan contoh untuk membangun negeri ini silahkan teman-teman tambahkan lagi. Agar semakin banyak referensi tokoh berdedikasi yang patut kita teladani untuk kemajuan negara tercinta ini.

Di olah dari berbagai sumber AL: Kompas, Joglosemar, Blogwongjogja, detik Surabaya dan lain-lain

Denpasar,05022011.0227

Masopu

Wahsyi, Budak Hitam yang Menginspirasi


Dalam suatu kesempatan rihlah, kumpul-kumpul sesama teman tki, dipandu Ustadz yang biasa kasih materi dalam setiap pengajian dan beberapa teman mahasiswa Umul Quro University. Saya ikut hadir, senang hati dan rasa muda kembali kumpul bersama anak-anak muda yang penuh semangat, acara yang digelar malam hari di Muzdalifah cukup meriah. Atas inisiatif seorang ustadz acara diisi semacam kuis yang pertanyaanya seputar masalah agama.

Peserta kuis dibagi tiga kelompok, kuis berjalan seru dan menegangkan, sementara sebagian teman sibuk menyiapkan konsumsi dengan bakar sate. Dari salah satu pertanyan, peserta kuis kurang sigap menjawab, panitia melempar pertanyaan kepada khalayak, saya asal angkat tangan dan menjawab dengan tepat, hadiahnya sebuah buku yang bagus yang sudah disiapkan panitia, berupa buku yang berkisah tentang 60 sahabat Rosaulullah. s.a.w.

Jawaban saya adalah Wahsyi, adapun pertanyaannya adalah “siapa yang membunuh Saidina Hamzah ra, paman Baginda Nabi, Rosullulah.s.a.w. diperang Uhud”



Sejarah mencatat Wahsyi berhasil membunuh paman Nabi Muhamad s.a.w. Hamzah bin Abdul Muthalib sang Singa Allah dimedan perang Uhud atas perintah tuannya Hindun bin Utbah, sebagai pembalasan atas terbunuhnya Ayah, paman serta saudaranya di perang Badar. Terbunuhnya Hamzah membuat Rosulullah saw sempat menanggung duka yang mendalam.

Siapakah Wahsyi.

Wahsyi bin Harb adalah seorang budak kulit hitam berasal dari Ethiopia atau ketika itu biasa disebut Habasyah Negri di tanduk Afrika. Kebanyakan orang-orang Habasyah pandai menombak, namun keahlian Wahsyi melempar tombak melebihi rata-rata, lontaranya tombaknya selalu tepat sasaran, nyaris sempurna. Misinya dalam perang Uhud adalah membunuh Rosulullah saw dan Hamzah. Sebelum diterjunkan di medan perang Uhud, Wahsyi harus mempelihatkan keahliannya, semacam tes pendahuluan.

Di dalam film the Mesagge, film kolosal garapan seorang sutradara asal Syria Mustafa Akkad yang menceritakan kisah perjuangan Rosulullah s.a.w, digambarkan bagaimana Wahsyi memperlihatkan keahlianya melontar tombak sebelum terjun kemedan perang Uhud. Digambarkan disitu seorang penari yang bergarak dengan dinamis terus berputar sambil menghentakan kaki mengikuti irama musik, sementara semacam tusuk konde yang pangkalnya berbentuk gelang dipasang digelung sang penari, Wahsyi membidik dari kejauhan dan melontarkan tombaknya dengan kekuatan penuh, tombaknya tepat nyeplos melewati gelang tersebut, tanpa disadari sang penari.

Setelah usai perang Uhud dan Wahsyi berhasil membunuh Hamzah, Hindun sang majikan sangat puas dengan hasil kerja Wahsyi, tuntas sebagian kesumat dendam. Seperti dijanjikan sebelumnya Wahsyi mendapatkan kebebasan. Lepas belenggu Budak atas dirinya. Wahsyi mendapati dirinya sebagai Tuan atas dirinya sendiri. Wahsyi sudah sejajar dengan penduduk Mekkah yang lain. Kehidupan yang selalu di dambakan mereka yang berstatus budak ketika itu.

Dalam perjalanan hidupnya setelah kebebasannya sebagai budak Wahsyi kemudian menetap di Mekkah dalam waktu yang cukup lama, dan ketika tentara Muslim menaklukan Mekkah Wahsyi melarikan diri ke Taif, namun ketika Taif juga takluk ketangan pasukan Muslim, Wahsyi menghadap Rosullulah s.a.w mohon ampun dan menyatakan masuk Islam.

Selama hidupnya Wahsyi amat menyesali peristiwa terbunuhnya Hamzah ra ditangannya, yang membuat Rosullulah bersedih dan berpaling dari dirinya, namun Wahsyi menyadari dan menerima kenyataan ini, diriwayatkan kemudian Wahsyi tidak pernah mendekat Rosullulah s.a.w dikarenakan khawatir akan membangkitkan kesedihan Rosullulah saw, kemudian Wahsyi bertekad bagaimana bisa menggembirakan hati Rosullulah saw. Wahjsyi pergi meninggalkan Mekkah menyebarkan Islam di banyak Negri, sampai mendapat kesempatan yang meringankan hati dan rasa berdosanya.

Pada masa kekhalifah Abu Bakar As-Shiddiq terjadi pemberontakan dan pemurtadan besar-besaran dari kaum muslimin, Bani Hanifah mengakui Musailamah Al-Kadzdzab yang mengaku sebagai Nabi, kemudian Abu Bakar As-Shiddiq segera memerangi Musailamah Al-Kadzdzab. Disinilah Wahsyi bergabung dengan pasukan kaum Muslimin dan berhasil membunuh Musailamah Al-Kadzdzab seburuk-buruknya manusia sebagaimana dengan tombak yang sama ia telah membunuh orang yang terbaik setelah Nabi Muhammad s.a.w (Hamzah bin Abdul Muthalib ra).

Wahsyi seorang yang amat menyadari dan dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Dari seorang yang hanya berstatus Budak dengan hanya satu keahlian sebagai penombak yang mahir. Wahsyi mampu mengangkat derajat kehidupannya, walau sejarah mencatat dia pernah tergelincir dalam langkahnya.

Dari sirah nabawiyah, syaihk shafiyyur-rahman dan beberapa sumber.
Tulisan Bapak Achmad Syaukani di kompasiana ( sudah Ijin untuk share )

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...