Minggu, 07 November 2010

Komposisi pemain klub Liga Inggris

liga utama Inggris
Peraturan baru Liga Utama Inggris hadang klub besar
Arsene Wenger menyebutnya keputusan "membawa bencana" sementara Wayne Rooney memandang langkah itu sebagai "bagus dan penting".
Namun suka tidak suka, peraturan baru Liga Inggris soal pembatasan anggota tim dan kuota pemain didikan dalam negeri mulai diterapkan dalam musim kompetisi 2010/2011, dan dampaknya terhadap kegiatan transfer di periode tengah tahun pun jelas terlihat.
Mulai tanggal 1 September, satu tim sepakbola harus mengajukan 25 nama pemain yang setidaknya terdiri dari delapan pemain 'produk dalam negeri', dan boleh menambah sebanyak mungkin pemain berusia di bawah 21 tahun.
Seorang pemain dianggap sebagai produk dalam negeri jika dia telah berada di satu klub anggota asosiasi sepakbola Inggris atau Wales setidaknya selama 36 bulan sebelum berusia 21 tahun - atau berusia 21 tahun di akhir musim kompetisi.
Peraturan ini membuat banyak klub Liga Primer Inggris, diantaranya Manchester City, Liverpool dan Chelsea, harus melakukan penyesuaian pemain dalam beberapa minggu ini.
Berikut komposisi pemain klub liga Inggris menjelang akhir batas waktu.

ARSENAL

Banyak sudah artikel mengenai komposisi pemain Arsenal sejak klub ini menjadi klub pertama di Liga Utama Inggris yang menurunkan 11 pemain asing pada musim kompetisi 2004/2005.
Cesc Fabregas Arsenal
Masa depan tim nasional Inggris dianggap berada di tangan para pemain Arsenal yang berusia di bawah 21 tahun seperti Theo Walcott, Kieron Gibbs, Jack Wilshere dan Emmanuel Frimpong - namun tidak satu pun pemain senior Arsenal yang bisa masuk ke tim nasional.
Meski demikian, kebijakan Arsenal untuk membeli pemain muda dari luar negeri membuat klub ini harus memiliki tujuh pemain senior yang dianggap sebagai pemain produk dalam negeri -dan dengan begitu banyak pemain muda berbakat sebagai pendukung tim ini, Arsene Wenger berharap bisa memiliki banyak opsi dalam musim kompetisi ini.
Tetap saja masih ada tugas yang harus diselesaikan oleh manajer asal Prancis itu.
Menghalau gempuran Cesc Fabregas dari incaran Barcelona merupakan urusan terbesar Arsenal selama pertengahan tahun ini, dengan keberhasilan itu tetap menghidupkan harapan merebut satu gelar pertama dalam lima tahun terakhir.
Meski klub ini membeli Marouane Chamakh dan Laurent Koscielny, tim ini dipandang masih kurang berpengalaman terutama setelah Sol Campbell dan William Gallas kelaur.
Dan dengan Manuel Almunia yang masih belum bisa tampil mantap di bawah gawang, Wenger diperkirakan akan bergerak di pasar transfer untuk membeli pemain jika harganya cocok.
PEMAIN ASING: Manuel Almunia, Andrey Arshavin, Marouane Chamakh, Abou Diaby, Emmanuel Eboue, Lukas Fabianski, Laurent Koscielny, Samir Nasri, Tomas Rosicky, Bacary Sagna, Robin Van Persie, Thomas Vermaelen.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Nicklas Bendtner, Gael Clichy, Denilson, Johan Djourou, Cesc Fabregas, Vito Mannone, Alex Song.
USIA DI BAWAH 21: Emmanuel Frimpong, Kieron Gibbs, Aaron Ramsay, Wojciech Szczesny, Armand Traore, Theo Walcott, Jack Wilshere, Carlos Vela.
PEMAIN TARGET: Brede Hangeland, Phillipe Mexes, Mark Schwarzer.
KESIMPULAN: Seharusnya menambah satu atau dua pemain.

ASTON VILLA

Ketika seluruh perhatian terpusat pada jadi-tidaknya James Milner pindah ke Manchester City, tidak mengejutkan jika pendukung Aston Villa tidak menyangka akan kehilangan seseorang yang lebih besar - kepergian manajer Martin O'Neill.
Aston Villa
Pada saat alasan dibalik pengunduran O'Neill ini masih belum jelas, bisa jadi kebijakan transfer klub menjadi, setidaknya, salah satu penyebab langkah manajer asal Irlandia Utara itu.
Kepergian Milner ke Manchester City memang sudah hampir pasti.
Namun muncul kabar burung bahwa Villa juga mempertimbangkan penjualan satu atau dua pemain lain, dan setelah masa pengeluaran besar-besaran di dua musim kompetisi sebelumnya tiba-tiba situasi di klub ini menjadi gelap menjelang musim kompetisi yang baru.
Warisan O'Neill adalah tim yang menampilkan pemain berbakat dalam negeri. Tidak ada manajer lain yang bisa menandingi manajer berusia 58 tahun ini dalam hal membeli pemain Inggris - setidaknya dari segi kuantitas: 30 dari 50 pemain yang dibeli adalah pemain produk dalam negeri.
Namun sekarang kekhawatiran terbesar yang dihadapi oleh Villa adalah di luar lapangan -dan jika penjualan Milner ini diikuti dengan sejumlah pemain lain- Aston Villa harus berlomba dengan waktu untuk mengisi posisi pemain yang dijual itu.
Dengan harus menunjuk manajer baru, perundingan untuk membeli, menjual atau meminjamkan pemain, Randy Lerner, sang pemilik asal Amerika, menghadapi minggu-minggu yang sangat sibuk.
PEMAIN ASING: Habib Beye, Carlos Cuellar, John Carew, Brad Friedel, Brad Guzan, Stiliyan Petrov, Moustapha Salifou.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Gabriel Agbonlahor, James Collins, Curtis Davies, Stewart Downing, Richard Dunne, Emile Heskey, James Milner, Isaiah Osbourne, Nigel Reo-Coker, Steve Sidwell, Stephen Warnock, Ashley Young, Luke Young.
USIA DI BAWAH 21: Marc Albrighton, Barry Bannan, Ciaran Clark, Nathan Delfouneso, Fabian Delph, Jonathan Hogg, Eric Lichaj, Andreas Weimann.
PEMAIN TARGET: David Bentley, Robbie Keane, Stephen Ireland.
KESIMPULAN: Akan melakukan aktivitas luar biasa menjelang penutupan periode transfer.

BIRMINGHAM CITY

Seperti saingan satu kotanya Aston Villa, Birmingham City adalah pendukung kuat dalam anggapan bahwa pemain Inggris adalah yang terbaik untuk berlaga di Liga Primer.
Ben Foster
Kedatangan kiper Ben Foster dari Manchester United akan menambah jumlah pemain produk dalam negeri yang memang sudah banyak, 16 pemain yang masuk kriteria itu.
Dengan hanya lima pemain yang masuk kategori "asing", pemain depan yang baru Nikola Zigic harus cepat mahir berbahasa Inggris jika dia ingin dimengerti di St Andrews -dia adalah satu dari dua pemain di kamar ganti yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.
Jika the Blues memiliki kekurangan, itu adalah pada faktor pemain berusia di bawah 21 tahun, meski penamlipan Enric Valles selama tur ke Cina cukup memikat dan dia bisa masuk ke tim inti karena statusnya itu.
PEMAIN ASING: Barry Ferguson, James McFadden, Michel, Garry O'Connor, Nikola Zigic.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Marcus Bent, Lee Bowyer, Steve Carr, Scott Dann, Colin Doyle, Keith Fahey, Ben Foster, Craig Gardner, Cameron Jerome, Roger Johnson, Sebastian Larsson, David Murphy, Stuart Parnaby, Kevin Phillips, Liam Ridgewell, Maik Taylor.
USIA DI BAWAH 21: Fraser Kerr, Jordan Mutch, James O'Shea, Nathan Redmond. Enric Valles.
PEMAIN TARGET: Mauro Camoranesi, William Gallas, Fabio Grosso.
KESIMPULAN: Kuat, solid dan mantap.

BLACKBURN ROVERS

Bagi seseorang yagn sempat sangat ingin menjadi manajer tim nasional Inggris, Sam Allardyce secara mengejutkan sangat menggantungkan diri pada pemain asing di Blackburn.
Blackburn Rovers
Tiga belas pemain asing bertambah menjadi 15 setelah membeli Hugo Fernandes dari Union Deportiva Cornella dengan harga murah dan Mame Diouf yang dipinjamkan oleh Manchester United.
Namun Allardyce bisa mempergunakan jajaran pemain senior yang merupakan produk dalam negeri, dan pemain seperti Keith Andrews, David Dunn dan Paul Robinson kemungkinan akan kembali menjadi tulang punggung tim inti.
Dan karena hanya ada sedikit pemain berbakat di jajaran pemain di bawah 21 tahun -David Hoilett, Phil Jones dan Steven Nzonzi- Allardyce bisa kembali berharap timnya membuat beberapa kejutan di musim kompetisi tahun ini.
PEMAIN PEMAIN ASING: Pascal Chimbonda, El Hadji Diouf, Mame Diouf, Brett Emerton, Hugo Fernandez, Gael Givet, Vince Grella, Lars Jacobsen, Nikola Kalinic, Zurab Khizanishvili, Ryan Nelsen, Morten Gamst Pedersen, Maceo Rigters, Michel Salgado, Christopher Samba
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Keith Andrews, Jason Brown, Mark Bunn, David Dunn, Frank Fielding, Martin Olsson, Jason Roberts, Paul Robinson.
USIA DI BAWAH 21: Aaron Doran, Gavin Gunning, Grant Hanley, David Hoilett, Phil Jones, Alan Judge, Amine Linganzi, Steven Nzonzi.
PEMAIN TARGET: James Beattie, Aruna Dindane, Jo.
KESIMPULAN: Memiliki ruang untuk melakukan manuver menit-menit akhir di periode transfer.

BLACKPOOL

Hingga tanggal 11 Agustus, Blackpool menghadapi dilema dalam musim kompetisi tahun ini.
Blackpool
Seakan-akan tim baru di Liga Primer Inggris ini kekurangan masalah ketika mempersiapkan diri masuk pertama kali ke dunia yang belum mereka kenal, manajer Ian Holloway menghadapi kemungkinan hanya bisa mengajukan 15 nama pemain senior di timnya.
Kemudian pun terjadi kegiatan transfer yang bertuhi-tubi, klub ini membeli lima pemain dalam satu hari.
Pemain baru yang masuk adalah Marlon Harewood, Craig Cathcart dan tiga pemain asal Prancis, Ludovic Sylvestre, Elliot Grandin dan Malaury Martin, menambah koleksi pemain yang sangat dibutuhkan bagi klub yang sebelumnya baru membeli pemain asal Israel, Dekel Keinan.
Holloway tampaknya belum selesai melakukan aksi itu dengan target berikut adalah pemain Bolton, Chris Basham.
Akan tetapi, klub ini tidak bisa berjaya hanya dengan membeli sejumlah pemain yang relatif tidak dikenal agar bisa melawan status Blackpool sebagai klub yang difavoritkan terkena degradasi.
Yang jelas, pendukung Blackpool tidak akan kesulitan memenuhi peraturan komposisi pemain yang baru ini.
PEMAIN ASING: Charlie Adam, Stephen Crainey, Elliott Grandin, Dekel Keinan, Ludovic Sylvestre.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Alex Baptiste, Billy Clarke, Danny Coid, Rob Edwards, Jason Euell, Ian Evatt, Matthew Gilks, Marlon Harewood, Brett Ormerod, Paul Rachubka, Keith Southern, Gary Taylor-Fletcher, David Vaughan.
USIA DI BAWAH 21: Louis Almond, Craig Cathcart, Ishmel Demontagnac, Neal Eardley, Ashley Eastham, Mark Halstead, Stephen Husband, Malaury Martin.
PEMAIN TARGET: Chris Basham, DJ Campbell, Francis Jeffers.
KESIMPULAN: Harus menambah beberapa pemain lagi.

BOLTON

Owen Coyle boleh jadi meninggalkan Burnley untuk menjadi manajer Bolton musim kompetisi tahun lalu dengan keyakinan klub baru ini merupakan tempat yang lebih bagus untuk mencapai sukses di masa depan, tetapi masih menjadi pertanyaan apakah klub itu memiliki kemampuan untuk tidak lagi terlibat dalam upaya bertahan di Liga Primer musim ini.
Bolton
Gaya sepakbola Coyle memang terkadang membuat Bolton tampil lebih menghibur di pengujung musim kompetisi tahun lalu, tetapi apakah dia memiliki kemampuan untuk mengulangi periode yang relatif mudah yang dinikmati oleh Sam Allardyve di tahun 2006 dan 2007 ketika Bolton menempati posisi ke-8 dan ke-7 di Liga Inggris.
Perginya Jack Wilshire -yang dipinjamkan oleh Arsenal musim lalu- tidak akan membantu tetapi kedatangan pemain belakang Marcos Alonso dari Real Madrid dan pasangan veteran Robbie Blake dan Martin Petrov merupakan satu pemoles penting pada tim ini.
Jumlah pemain produk dalam negeri yang besar menjamin Bolton akan tetap menjadi klub yang sulit dikalahkan, satu kekuatan yang menjadi ciri khas klub ini dalam beberapa tahun belakangan.
Anggaran klub ini mungkin tidak yang terbesar, tetapi dengan kesepakatan pinjam pemain yang banyak ditawarkan dalam musim kompetisi tahun ini, Coyle masih bisa menambah pemain dalam beberapa minggu ini.
PEMAIN ASING: Marcos Alonso, Adam Bogdan, Lee Chung-Yong, Tamir Cohen, Johan Elmander, Ricardo Gardner, Stuart Holden, Jussi Jaaskelainen, Ivan Klasnic, Martin Petrov, Mustapha Riga, Gretar Steinsson.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Chris Basham, Robbie Blake, Gary Cahill, Kevin Davies, Mark Davies, Sean Davis, Zat Knight, Fabrice Muamba, Andy O'Brien, Joey O'Brien, Paul Robinson, Sam Ricketts, J'Lloyd Samuel, Danny Shittu, Matt Taylor.
USIA DI BAWAH 21: Temitope Abadeyi, Rob Lainton, Dan Ward.
PEMAIN TARGET: Tom Cleverley, Chris Eagles, Franco di Santo.
KESIMPULAN: Fondasi yang kokoh.

CHELSEA

Jauh sebelum pemilik Manchester City yang kaya raya itu melempar uang seperti bunga-bunga kertas, pemilik Chelsea Roman Abramovich merupakan sumur uang yang membuat iri semua pihak di Liga Inggris.
Yossi Benayoun
Dan ketika pengusaha asal Rusia ini tampaknya mengurangi pengeluaran dalam beberapat tahun terakhir, tim juara Liga Inggris itu merupakan bukti kekuatan uang jika dibelanjakan secara tepat.
Seperti sudah diperkirakan jumlah pemain non-domestik di Chelsea sangat besar.
Pembelian Yossi Benayoun dari Liverpool membuat jumlahnya menjadi 15, dan tidak lama lagi akan menjadi 16 jika pemain asal Brasil, Ramires, menyelesaikan proses kepindahan dari Benfica. Jika saja Chelsea tidak melepas empat pemain asing -Michael Ballack, Juliano Belletti, Deco and Ricardo Carlvaho- jumlah pemain asing pasti mencapai tingkat yang tidak bisa diatasi lagi.
Keuntungan melepas Joe Cole tanpa uang transfer agak lebih sulit dimengerti ketika Chelsea hanya memiliki lima pemain produk dalam negeri. Dan hanya tiga pemain: Ashley Cole, Frank Lampard dan John Terry yang selalu masuk tim inti.
Akan tetapi setelah tahun 2008 mengeluarkan tekad untuk bisa memakai pemain produk akademi sendiri di musim kompetisi tahun ini, Chelsea setidaknya bisa berbesar hati dengan pemain berbakat mereka yang berusia di bawah 21 tahun seperti Fabio Borini, Franco di Santo, Gael Kakuta, Josh McEachran dan Daniel Sturridge. Seluruhnya disebut-sebut akan didorong untuk bisa bermain di tim inti dalam musim kompetisi tahun ini.
Dengan gelar juara Liga Utama yang harus dipertahankan, dan ambisi merebut kejayaan di Liga Champions yang belum terpenuhi, tidak banyak yang akan bertaruh klub ini tidak akan membeli pemain menjelang periode transfer berakhir.
PEMAIN ASING: Alex, Nicolas Anelka, Yossi Benayoun, Jose Bosingwa, Petr Cech, Dider Drogba, Michael Essien, Paulo Ferreira, Henrique Hilario, Branislav Ivanovic, Salomon Kalou, Florent Malouda, Nemanja Matic, Jon Obi Mikel, Yury Zhirkov.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Ashley Cole, Frank Lampard, Michael Mancienne, John Terry, Ross Turnbull.
USIA DI BAWAH 21: Fabio Borini, Franco di Santo, Gael Kakuta, Tomas Kalas, Josh McEachran, Daniel Sturridge.
PEMAIN TARGET: Kaka, David Luiz, Ramires.
KESIMPULAN: Harus memperkuat barisan pertahanan.

EVERTON

Sejalan dengan periode transfer yang hanya melibatkan Manchester City yang mengeluarkan begitu banyak dana untuk membeli pemain, kegiatan terbesar Everton selama periode ini adalah berusaha mempertahankan pemain-pemain terbaik mereka.
Mikel Arteta
Pemain tengah Mikel Arteta, pemain Afrika Selatan, Stephen Pienar, dan pemain Inggris, Phil Jagielka, diberitakan akan pindah ke klub lain namun menjelang periode transfer berakhir ketiganya masih tetap menjadi pemain Goodison Park.
Tiga faktor yang menguntungkan Everton musim kali ini, yaitu pembelian sejumlah pemain bagus antara lain Jermaine Beckford dari Leeds; kemajuan permainan sejumlah pemain muda seperti Jack Rodwell dan Seamus Coleman; dan harapan musim tahun lalu yang penuh masalah pemain cedera tidak akan lagi terjadi.
Bahkan dengan kepergian Dan Gosling ke Newcastle karena habis kontrak tidak menghilangkah optimisme kubu asuhan David Moyes ini.
Keseimbangan yang mantap antara pemain asing dan pemain dalam negeri memastikan Moyes memiliki ruang untuk menyesuaikan diri jika ada pemain yang ingin dibeli di pasar transfer.
PEMAIN ASING Mikel Arteta, Diniyar Bilyaletdinov, Sylvain Distin, Marouane Fellaini, John Heitinga, Tim Howard, Jan Mucha, Steven Pienaar, Louis Saha, Ayegbeni Yakubu, Joseph Yobo.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Victor Anichebe, Leighton Baines, Jermaine Beckford, Tim Cahill, Tony Hibbert, Phil Jagielka, Phil Neville, Leon Osman, Iain Turner, James Vaughan.
USIA DI BAWAH 21: Kieran Agard, Jose Baxter, Seamas Coleman, Shane Duffy, Magaye Gueye, Jack Rodwell, Joao Silva, James Wallace.
PEMAIN TARGET: Stephen Ireland, Nedum Onuoha, Robbie Keane.
KESIMPULAN: Tim ini cukup mantap.

FULHAM

Ketika sebagian masa pertengahan tahun dihabiskan untuk mencari pengganti Roy Hodgson setelah manajer itu pindah ke Liverpool, tidak banyak kesempatan bagi Fulham untuk melakukan terlalu banyak perubahan pada tim sebelum musim kompetisi baru ini.
Andy Johnson
Meski mantan bos Tottenham Hotspurs dan kini manajer Ajax, Martin Jol, menolak kesempatan kembali berkarir di London, pemilihan Mark Hughes tidak akan membuat Fulham dituduh tidak berhasil menunjuk pelatih berkualitas tinggi.
Akan tetapi bagaimana Hughes bisa mencetak prestasi lebih baik dari tahun lalu, ketika Fulham menjadi sensasi nasional dengan maju ke final Liga Eropa, merupakan satu hal yang sulit dijawab.
Pembelian Jonathan Greening dan Philippe Sanderos merupakan satu langkah bagus tapi tidak spektakuler, dan dengan berita-berita kiper Mark Schwarzer yang ingin pindah ke Arsenal masih terus beredar, Mark Hughes tampaknya memiliki tugas berat dalam beberapa minggu ini.
Fulham memiliki sejumlah masalah terkait kuota pemain produk dalam negeri dan jumlah anggota tim, bahkan kalaupun satu dari pemain senior Fulham dipastikan tidak bisa turun.
Andy Johnson yang kembali fit akan menjadi pendukung bagi manajer Mark Hughes.
PEMAIN ASING: Clint Dempsey, Kagisho Dikgacoi, David Elm, Zoltan Gera, Brede Hangeland, Eddie Johnson, Diomansy Kamara, John Pantsil, Bjorn Helge Riise, Mark Schwartzer, Fredrik Storr, Pascal Zuberbuhler.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Chris Baird, Simon Davies, Damien Duff, Dickson Etuhu, Jonathan Greening, Aaron Hughes, Stephen Kelly, Paul Konchesky, Andy Johnson, Robert Milsom, Danny Murphy, Philippe Senderos, David Stockdale, Bobby Zamora.
USIA DI BAWAH 21: Matthew Briggs, Neil Etheridge, Keanu Marsh-Brown, Matthew Saunders, Alex Smith.
PEMAIN TARGET: Curtis Davies, Eidur Gudjohnsen, Steve Sidwell.
KESIMPULAN: Tampak akan berjuang keras.

LIVERPOOL

Dengan tugas mengembalikan kejayaan Liverpool setelah tampil mengecewakan tahun lalu, tugas utama manajer baru Roy Hodgson adalah meyakinkan pemain terbaik untuk tidak pindah klub dan menambah jumlah pemain dalam negeri yang sangat sedikit.
Joe Cole
Dia langsung melakukan kedua tugas itu: membeli pemain tim nasional Inggris, Joe Cole, dengan gratis dan kemudian membujuk Steven Gerrard dan Fernando Torres untuk menyatakan siap bertahan di klub ini.
Akan tetapi Hodgson masih memimpin satu tim yang dipenuhi dengan pemain asing.
Mantan bintang Charlton, Jonjo Shelvey, orang Inggris masuk dalam kategori "pemain tambahan" karena dia berusia di bawah 21 tahun, sementara upaya membeli Luke Young gagal.
Pembelian kembali Fabio Aurelio dan mengontrak Danny Wilson dari Rangers, serta Christian Poulse dari Juventus hanya menambah jumlah pemain asing -meski Javier Mascherao tampaknya akan dijual ke klub luar Inggris.
Empat pemain senior dalam negeri di Liverpool menunjukkan kebijakan transfer pemain manajer terdahulu Rafael Benitez -meski situasi ini setidaknya bisa mendorong penggunaan pemain muda sehingga mereka memiliki kesempatan untuk memperlihatkan kemampuan mereka.
Itu semua bisa terjadi kecuali laporan-laporan bahwa sejumlah investor tertarik membeli Liverpool terbukti benar dan ini akan mendorong aksi beli di menit-menit akhir.
PEMAIN ASING: Daniel Agger, Alberto Aquilani, Fabio Aurelio, Ryan Babel, Diego Cavalieri, Milan Jovanovic, Dirk Kuyt, Sotiros Kyrgiakos, Lucas, Javier Mascherano, Damien Plessis, Christian Poulsen, Pepe Reina, Maxi Rodriguez, Martin Skrtel, Fernando Torres.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Jamie Carragher, Joe Cole, Steven Gerrard, Glen Johnson.
USIA DI BAWAH 21: Daniel Ayala, Laurie Dalla Valle, Stephen Darby, Nabil El Zhar, Peter Gulacsi, Emiliano Insua, Steven Irwin, Martin Kelly, Krisztian Nemeth, David Ngog, Jonjo Shelvey, Jay Spearing, Danny Wilson.
PEMAIN TARGET: Maynor Figueroa, Christian Poulsen, Loic Remy.
KESIMPULAN: Perlu lebih banyak pemain dalam negeri.

MANCHESTER CITY

Klub yang jauh meninggalkan klub lain di Liga Inggris dalam hal pengeluaran uang untuk membeli pemain. Akibatnya bos Manchester City, Roberto Mancini, tidak begitu memperhatikan keharusan untuk mengurangi jumlah pemain inti.
Manchester City
Lima belas pemain kemungkinan meninggalkan klub ini, tahun ini, tetapi tidak satu pun yang merupakan pemain yang selalu rutin diturunkan sejak menit pertama di City. Akan tetapi penyebabnya adalah karena klub ini membeli pemain seperti Jerome Boateng, Aleksandar Kolarov, David Silva dan Yaya Toure.
Pada akhirnya, City dipenuhi dengan begitu banyak pemain berbakat yang juga membuat klub itu terlalu gemuk dengan pemain.
Cepat atau lambat, Mancini harus menerima kenyataan bahwa 29 pemain lebih banyak dari 25 yang ditetapkan -dan Craig Bellamy sudah menyatakan secara terbuka bahwa dia tidak akan masuk dalam jajaran pemain yang dipertahankan City.
Fakta ini akan mendorong penjualan pemain secara besar-besaran di Manchester City, dan akan terus bertambah karena manajer Italia itu belum selesai dengan kegiatan membeli pemain.
James Milner dari Aston Villa dan striker Inter Milan, Mario Balotelli, adalah dua pemain yang akan bergabung dengan Mancini, sehingga jumlah pemain asing menjadi 17 dan jumlah total pemain mencapai 31 orang.
City memegang kunci di pasar transfer pertengahan tahun ini dan jikapun mereka berhenti membeli pemain, klub ini menjadi pemegang rekor pasar transfer Liga Primer dalam hal penjualan pemain.
Salah satu hal yang pasti adalah semua perhatian akan tertumpu pada Manchester United selama beberapa waktu.
PEMAIN ASING: Emmanuel Adebayor, Jerome Boateng, Felipe Caicedo, Nigel De Jong, David Gonzales, Jo, Aleksandar Kolarov, Vincent Kompany, Robinho, Roque Santa Cruz, David Silva, Carlos Tevez, Kolo Toure, Yaya Toure, Patrick Vieira, Pablo Zabaleta.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Gareth Barry, Craig Bellamy, Wayne Bridge, Kelvin Etuhu, Shay Given, Joe Hart, Stephen Ireland, Adam Johnson, Michael Johnson, Joleon Lescott, Micah Richards, Stuart Taylor, Shaun Wright-Phillips.
USIA DI BAWAH 21: Dedryck Boyata, Greg Cunningham, Alex Henshall, Abdisalam Ibrahim, Shaleum Logan, Alex Nimely, Albert Rusnak, Javan Vidal.
PEMAIN TARGET: Mario Balotelli, Edin Dzeko, James Milner.
KESIMPULAN: Penuh pemain berkualitas tetapi apakah mereka bisa bermain sebagai satu tim?

MANCHESTER UNITED

Ketika banyak pihak memperkirakan Liga Primer Inggris sebagai yang paling kompetitif, upaya Manchester United merebut kembali gelar juara liga yang telah 11 kali dalam 17 musim kompetisi diraih akan sangat sulit.
Wayne Rooney
Juara bertahan Chelsea, Arsenal dan Manchester City merupakan favorit bandar judi sebagai klub yang bisa menjadi penantang Manchester United, tetapi Tottenham dan Liverpool pun mulai melakukan perubahan untuk menjadi salah satu klub yang bisa menjadi juara liga.
Akan tetapi sejauh ini Alex Ferguson menolak mengambil langkah untuk menghadapi ancaman itu dengan berbelanja pemain di pasar transfer.
Tiga pemain muda, Chris Smalling, Javier Hernandez dan Bebe, dibeli Manchester United untuk menambah jumlah produksi pemain berbakat Manchester United yang memang menjadi ciri khasnya, namun kecuali itu Alex Ferguson sekali lagi menggantungkan harapannya pada para pemain asing untuk membawa klub itu menguasai Liga Primer.
Sejumlah pemain berbakat produksi sendiri dikombinasi dengan pemain asing bagus yang semakin sedikit jumlahnya akan menjadi dasar upaya United mencapai kejayaan, ini artinya semua sangat tergantung pada panampilan gemilang Wayne Rooney dan pemain veteran seperti Ryan Giggs san Paul Scholes sepanjang musim kompetisi.
Tetapi, klub ini bisa jadi akan melakukan aksi pembelian pemain yang cerdik menjelang akhir periode transfer.
PEMAIN ASING: Anderson, Dimitar Berbatov, Patrice Evra, Owen Hargreaves, Javier Hernandez, Tomasz Kuszczak, Nani, Ji-sung Park, Edwin Van der Sar, Antonio Valencia, Nemanja Vidic.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Wes Brown, Michael Carrick, Jonny Evans, Rio Ferdinand, Darren Fletcher, Darron Gibson, Ryan Giggs, Gary Neville, John O'Shea, Michael Owen, Wayne Rooney, Paul Scholes.
USIA DI BAWAH 21: Ben Amos, Bebe, Tom Cleverley, Fabio da Silva, Rafael da Silva, Ritchie De Laet, Corry Evans, Federico Macheda, Gabriel Obertan, Chris Smalling.
PEMAIN TARGET: Karim Benzema, Mesut Ozil, Stephen Pienaar.
KESIMPULAN: Seberapa sering Alex Ferguson salah?

NEWCASTLE

Meski berhasil membawa Newcastle ke Liga Utama saat menjalankan tugas pertama, keberhasilan mempertahankan klub ini di liga papan atas akan menjadi hadiah yang lebih besar bagi manajer Chris Houghton.
Jonas Guiterrez
Dia menjalankan tugas ini dengan bantuan satu kenyataan bahwa timnya diperkuat dengan pemain yang memiliki pengalaman berlaga di liga papan atas -dan dia memperkuatnya dengan mengontrak mantan pemain belakang Tottenham dan Arsenal, Sol Campbell, yang kini kembali fit untuk membantu barisan pertahanan yang akan terus menerus diuji di Liga Utama.
Trio pemain asing yang merasa masih harus membuktikan diri di Liga Primer, Fabricio Coloccini, Jose Enrique dan Jonas Gutierrez, juga masih berada di Newcastle. Mereka kemungkinan tidak tampil gemilang saat Newcastle masih berada di Liga Primer, namun dengan pengalaman di divisi satu yang keras mereka berharap bisa tampil dengan lebih prima kali ini.
Chris Hougton tidak memiliki dana besar untuk membeli pemain tetapi dia sangat cerdik dengan membeli pemain muda berbakat Dan Gosling dari Everton, sementara kedatangan James Perch dari Nottingham Forest memberinya opsi untuk barisan pertahanan dan lapangan tengah.
Dengan jumlah pemain asing yang tiadk banyak, klub ini menampilkan banyak pemain dalam negeri yang pasti akan didukung kuat oleh penggemar klub ini.
PEMAIN ASING: Fabricio Coloccini, Jose Enrique, Jonas Gutierrez, Peter Lovenkrands.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Shola Ameobi, Joey Barton, Leon Best, Sol Campbell, Fraser Forster, Danny Guthrie, Steve Harper, Tim Krul, Kevin Nolan, James Perch, Wayne Routledge, Danny Simpson, Alan Smith, Ryan Taylor, Steven Taylor, Mike Williamson.
USIA DI BAWAH 21: Andy Carroll, Ryan Donaldson, Shane Ferguson, Dan Gosling, Tamas Kadar, Nile Ranger, Haris Vuckic.
PEMAIN TARGET: Hatem Ben Arfa, Jimmy Bullard, Alan Hutton.
KESIMPULAN: Prima untuk berjuang.

STOKE CITY

Meski tidak keren, tidak disukai dan tidak suka kompromi, Stoke mulai banyak disukai setelah dua musim wara wiri di Liga Primer sejak lolos dari divisi satu tahun 2008.
Stoke City
Tim ini setiap tahun selalu diperkirakan akan kembali ke divisi satu, namun prestasi di posisi papan tengah klasemen liga membuktikan hasil gaya permainan menyerang dan kasar yang diterapkan tim asukan Tony Pulis ini.
Akan tetapi bukan berarti klub ini tidak memiliki ambisi, dan meski upaya membeli pemain depan Nice, Loic Remy, gagal, Pulis berhasil melakukan aksi yang dianggap sebagai semacam kudeta dengan membeli pemain depan Sunderland, Kenwyne Jones dengan harga £ 8 juta yang merupakan rekor harga tertinggi klub ini.
Pendukung Stoke berharap pemain bertubuh raksasa asal Trinidad ini bisa menjadi mesin gol yang bisa memanfaatkan umpan baik yang menjadi kelemahan para pemain depan klub itu -dan kemungkinan akan menambah pemain lagi menjelang akhir periode transfer.
Yang jelas klub ini sangat menggantungkan diri pada kemampuan pemain dalam negeri dan pemain asing mengatasi tekanan bermain di Liga Utama Inggris.
PEMAIN ASING: Abdoulaye Faye, Ricardo Fuller, Kenwyne Jones, Thomas Sorensen, Mamady Sidibe, Sanli Tuncay.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: James Beattie, Asmir Begovic, Danny Collins, Andrew Davies, Rory Delap, Carl Dickinson, Matthew Etherington, Danny Higginbotham, Robert Huth, Dave Kitson, Liam Lawrence, Carlo Nash, Danny Pugh, Ryan Shawcross, Tom Soares, Michael Tonge, Glenn Whelan, Dean Whitehead, Andy Wilkinson.
USIA DI BAWAH 21: Florent Cuvelier, Danzelle St Louis-Hamilton, Matthew Lund, Ben Marshall, Ryan Shotton, Nathaniel Wedderburn.
PEMAIN TARGET: Jermaine Pennant, Loic Remy.
KESIMPULAN: Kembali memenuhi target posisi papan tengah.

SUNDERLAND

Awal yang bagus di musim kompetisi tahun lalu sempat membuat pendukung Sunderland bermimpi mengakhiri posisi di papan tengah klasemen akhir dan menjadi awal bagi klub ini untuk terjun di ajang sepakbola Eropa.
Darrent Brent
Namun yang terjadii adalah hanya dengan penampilan gemilang menjelang akhir musim kompetisi yang bisa membuat klub ini tidak terkena degradasi.
Dua faktor yang menjadi dasar perubahan di musim kompetisi tahun ini. Pertama, manajer Steve BRuce berharap pemain seperti Lee Cattermole tidak mengalami cedera serius seperti tahun lalu, dan pemain baru,Marcos Angeleri, Titus Bramble, Christian Riveros dan Danny Welbeck bisa mengatasi kuantitas dan kualitas klub yang terjadi musim lalu.
Kedua, kehadiran saingan keras Newcastle di Liga Utama bisa menjadi pendorong. Apapun ambisi klub ini sebelumnya, berada di posisi lebih baik dari Newcastle akan menjadi prioritas utama sekarang.
Steve Bruce tampaknya turun ke musim kompetisi tahun ini dengan tim yang lebih lengkap dengan jumlah pemain dalam negeri sesuai dengan peraturan Liga Primer.
Dan jika Darrent Bent bisa mengulangi penampilan gemilang tahun lalu, Sunderland ingin mempertahankan posisi di papan tengah lebih lama lagi sekarang.
PEMAIN ASING: Ahmed Al-Muhammadi, Marcos Angeleri, Paulo Da Silva, Craig Gordan, Steed Malbranque, John Mensah, Simon Mignolet, Christian Riveros, Boudewijn Zenden.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Phil Bardlsey, Darren Bent, Titus Bramble, Fraizer Campbell, Trevor Carson, Lee Cattermole, Anton Ferdinand, David Healy, Matthew Kilgallon, George McCartney, Nedum Onuoha, Andy Reid, Kieran Richardson, Michael Turner, Martyn Waghorn.
USIA DI BAWAH 21: Jack Colback, Jordan Henderson, David Meyler, Ryan Noble.
PEMAIN TARGET: Nedum Onuoha, Danny Welbeck, Luke Young.
KESIMPULAN: Berambisi untuk bisa meningkatkan posisi di klasemen akhir.

TOTENHAM HOTSPURS

Salah satu tokoh cerdik di dunia sepakbola Inggris, Harry Redknapp berhasil menyusun tim yang sangat seimbang di Tottenham.
Gareth Bale
Kekhawatiran soal kesehatan Jonathan Woodgate tidak akan membuat manajer itu khawatir sekarang -dia masuk dalam 25 anggota tim- sementara pemain seperti Gareth Bale, Giovani dos Santos dan pemain muda baru Sandro masuk dalam kategori pemain di bawah 21 tahun.
Fakta ini, ditambah rencana Redknapp yang masih ingin menambah satu, dua pemain, membuat pemain seperi Alan Hutton, Robbie Keane, Jamie O'Hara dan Woodgate harus mulai khawatir akan posisi mereka di klub.
Redknapp, yang berhasil membawa Tottenham ke empat besar Liga Utama untuk pertama kali, mengatakan ingin membeli tiga pemain. Dia mengatakan jika rencananya ini berhasil Spurs bisa menjadi klub yang akan bisa bersaing merebut gelar juara liga.
Lolos ke babak grup Liga Champions bisa menjadi penting bagi klub London ini untuk membeli pemain tambahan, dan setelah bermain seri oleh klub Swiss Young Boys klub ini memiliki kesempatan besar untuk melakukannya.
Sebagai klub yang secara tradisional selalu melakukan gerakan di akhir periode transfer, setidaknya kebangsaan pemain baru tidak akan menjadi satu kekhawatiran bagi Tottenham.
PEMAIN ASING: Benoit Assou-Ekotto, Sebastien Bassong, Vedran Corluka, Carlo Cudicini, Heurelho Gomes, Alan Hutton, Younes Kaboul, Niko Kranjcar, Luka Modric, Wilson Palacios, Roman Pavlyuchenko.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: David Bentley, Peter Crouch, Michael Dawson, Jermain Defoe, Dorian Dervite, Tom Huddlestone, Jermaine Jenas, Robbie Keane, Ledley King, Aaron Lennon, Jamie O'Hara, Kyle Naughton, Jonathan Woodgate.
USIA DI BAWAH 21: Gareth Bale, Giovani dos Santos, Kyle Walker, Jake Livermore, Ryan Mason, Jonathan Obika, Danny Rose, Sandro, Andros Townsend.
PEMAIN TARGET: Craig Bellamy, Scott Parker, Micah Richards, Ashley Young.
KESIMPULAN: Perlu menambah pemain untuk penuhi ambisi.

WEST BROM

Klub ini terlalu kuat untuk divisi satu tetapi tidak cukup kuat untuk berlaga di Liga Utama, sehingga West Brom menjadi klub yang terus naik turun divisi dalam beberapa tahun terakhir.
west brom
Kali ini mereka kembali ke divisi utama setelah menempati urutan kedua klasemen akhir divisi satu, dan dengan manajer Roberto Di Matreo klub ini berharap bisa menampilkan permainan "yang benar" di liga utama.
Dan satu hal yang tidak mereka perlukan adalah urutan pertandingan awal di divisi utama melawan Chelsea, kemudian Sunderland, LIverpool, Tottenham dan Arsenal.
Seperti sudah diperkirakan Di Matteo membeli pemain dalam jumlah kecil bukan dengan mendatangkan pemain baru secara berbondong-bondong -upaya untuk tidak membuat klub yang biasanya hanya bertahan satu tahun di divisi utama ini bangkrut- dengan membeli Pablo Ibanez, Boaz Myhill, Stephen Reid, Nicky Shorey dan Gabriel Tamas dengan harga murah.
Awal yang bagus mungkin terlalu berat untuk dipenuhi mengingat lawan-lawan yang dihadapi, tetapi West Brom akan menampilkan permainan gemilang musim tahun ini dan pasar taruhan menunjukkan bahwa tim ini pada akhirnya akan tetap bercokol di divisi utama.
Klub ini juga tidak menghadapi masalah dalam memenuhi peraturan jumlah pemain dalam negeri.
PEMAIN ASING: Roman Bednar, Marek Cech, Graham Dorrans, Pablo Ibanez, Gonzalo Jara, Abdoulaye Meite, Youssouf Mulumbu, Jonas Olsson, Gabriel Tamas, Gianni Zuiverloon.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Giles Barnes, Leon Barnett, Chris Brunt, Scott Carson, Luke Moore, Ishamel Miller, James Morrison, Boaz Myhill, Reuben Reid, Steven Reid, Nicky Shorey, Jerome Thomas.
USIA DI BAWAH 21: Kayleden Brown, Simon Cox, Paul Downing, Lateef Elford-Alliyu, Sam Mantom, Joe Mattock, Romaine Sawyers, George Thorne, Chris Wood.
PEMAIN TERGET: George Boateng, Calum Davenport, Rob Hulse.
KESIMPULAN: Posisi ke 17 klasemen akhir.

WEST HAM

Bermain api sudah menjadi norma di West Ham akhir-akhir ini, sehingga memasuki satu musim dengan harapan dan optimisme kemungkinan terdengar asing bagi sebagian pendukungnya.
Akan tetapi, pemilik klub David Sullivan dan David Gold berusaha membawa klub ini memiliki situasi keuangan yang lebih baik, dan manajer Avram Grant pun dikontrak. Manajer ini memiliki prestasi bagus dengan Chelsea dan Porstmouth.
Meski muncul berita mengenai hutang klub yang mencapai £ 110 juta ketika pemilik baru mengambil alih kepemilikan, kedua orang yang mengaku pendukung berat West Ham mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain seperti Pablo Barrera, Winston Reid, Frederic Piquionne and Thomas Hitzlsperger untuk membuat tim lebih seimbang.
Saat ini, West Ham memiliki delapan pemain senior dalam negeri dan semua pasti masuk ke dalam 25 anggota tim.
Jika mereka berhasil mengatasi upaya Tottenham dan mempertahankan Scott Parker, tim ini akan mulai terlihat seimbang dibanding sebelumnya, terutama jika pemain seperti Freddie Sears dan Zavon Hines bisa tampil lebih prima dalam musim kompetisi tahun ini.
Dalam beberapa minggu ini tentu akan banyak terjadi perubahan dan ketidakpastian soal situasi keuangan klub yang akhirnya membuat pemain mahal dijual masih akan terjadi.
PEMAIN ASING: Pablo Barrera, Valon Behrami, Tal Ben Haim, Manuel Da Costa, Fabio Daprela, Alessandro Diamanti, Julien Faubert, Thomas Hitzlsperger, Herita Illunga, Radoslav Kovac, Peter Kurucz, Benni McCarthy, Luis Boa Morte, Frederic Piquionne, Winston Reid.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Carlton Cole, Kieron Dyer, Danny Gabbidon, Rob Green, Mark Noble, Scott Parker, Jonathan Spector, Matthew Upson.
USIA DI BAWAH 21: Jack Collison, Zavon Hines, Frank Nouble, Freddie Sears, Jordan Spence, Junior Stansilas, Marek Stech, James Tomkins.
PEMAIN TARGET: Jamie O'Hara, Miralem Sulejamani, Yakubu.
KESIMPULAN: Optimisme terukur?

WIGAN

Wigan mengeluarkan sush panas dan dingin lebih sering dari pada sebuah ketel di salju pada musim kompetisi lalu, tetapi setidaknya mereka masuk dalam salah satu klub terdepan di Liga Primer -klub yang memiliki jumlah pemain asing terbanyak.
Rodallega
Hanya Manchester City dan Liverpool yang memiliki lebih banyak pemain asing dibanding klub asuhan Roberto Martinez ini.
Hanya satu pemain yang dibeli Martinez yang merupakan pemain dalam negeri -Victor Moses dari Crystal Palace musim lalu - dan pembelian Antolin Alcaraz, Ali Al-Habsi, Mauro Boselli, James McCarthur serta Ronnie Stam pertengahan tahun ini membuat jumlah pemain asing di Wigan berjumlah 15 orang.
Ini artinya Martinez harus membeli satu atau dua pemain jika ingin memenuhi kuota pemain dalam negeri, dan tampaknya meminjam pemain akan menjadi pilihan terbaik.
Jika tidak, jumlah pemain mereka akan terlalu sedikit dalam beberapa bulan pertama dan ini tidak bisa dilakukan oleh Wigan yang dianggap oleh para bandar judi sebagai calon klub yang akan terkena degradasi.
PEMAIN ASING: Antolin Alcaraz, Ali Al Habsi, Antonio Amaya, Mauro Boselli, Mohamed Diame, Maynor Figueroa, Steve Gohouri, Jordi Gomez, Cho Won Hee, James McArthur, Daniel De Ridder, Hugo Rodallega, Jason Scotland, Ronnie Stam, Hendry Thomas.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Emmerson Boyce, Gary Caldwell, Chris Kirkland, Charles N'Zogbia, Mike Pollitt, Ben Watson.
USIA DI BAWAH 21: James McCarthy, Callum McManaman, Joe Holt, Victor Moses, Jordan Mustoe, Jonathan Routledge.
PEMATIN TARGET: James Beattie, Tyrone Mears, Jermaine Pennant.
KESIMPULAN: Klub ini sekarang kekurangan pemain.

WOLVES

Setelah memastikan tetap di Liga Utama dengan gemilang tahun lalu, pertanyaan bagi Wolves dalam musim kompetisi ini adalah ke arah mana mereka akan bergerak sekarang; prestasi buruk yang tiba-tiba muncul seperti tahun lalu atau naik ke papan tengah yang lebih aman?
Kevin Doyle
Agak mengherankan bagi manajer Mick McCarthy untuk membeli 16, dari 24 pemain yang dibelinya di Liga Utama, pemain asing sehingga klub ini tampak lebih kosmopolitan di tahun kedua berlaga di divisi utama.
Dan pemain asing yang dibeli memang cukup banyak, enam dengan nilai hampir £ 17 juta dan ini menggarisbawahi ambisi Wolves untuk tetap menjadi klub divisi utama sepakbola Inggris.
Penampilan baik diharapkan muncul dari Steven Fletcher, Stephen Hunt, Steven Mouyokolo, Jelle van Damme and Adlene Guedioura musim ini dan demikian juga tekanan baru yang dihadapi oleh Mic McCarthy.
PEMAIN ASING: Christophe Berra, Jelle Van Damme, Kevin Doyle, Steven Fletcher, Adlene Guedioura, Marcus Hahnemann, Nenad Milijas, Steven Mouyokolo, Geoffrey Mujangi Bia, Stephen Ward, Ronald Zubar.
PEMAIN SENIOR DALAM NEGERI: Jody Craddock, Sylvan Ebanks-Blake, David Edwards, George Elokobi, Kevin Foley, Greg Halford, Wayne Hennessey, Karl Henry, Matthew Hill, Stephen Hunt, Carl Ikeme, Matt Jarvis, David Jones, Michael Kightly, Andy Keogh, Matt Murray, Richard Stearman.
USIA DI BAWAH 21: Ashley Hemmings, Scott Malone, Nathaniel Mendez-Laing.
PEMAIN TARGET: Andre Bikey, Jeremain Lens, Michael Mancienne.
KESIMPULAN: Bersiap untuk tangguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...