Sabtu, 20 November 2010

Lindegaard Jaga Gawang United


Anders Lindegaard siapa? Mungkin para pecinta bola di tanah air ini banyak yang kaget saat Manchester United mengumumkan ketertarikan untuk merekutnya sebagai calon suksesor Edwin Van Der Sar. Kabar ketertarikan itu ternyata bukan sekedar rumor belaka. Berdasarkan info terbaru di berbagai media dalam dan luar negeri, United telah resmi mengontrak kiper Denmark berusia 26 tahun ini dengan nilai transfer sebesar 3,5 juta poundsterling dari klub norwegia Aalesund.


Dengan demikian berakhir sudah spekulasi siapa yang pantas untuk menggantikan kiper gaek United, Van Der Sar yang kini telah menginjak usia 40 tahun. Sebagaimana kita tahu jika banyak kiper besar dan potensial yang sempat dihubung-hubungkan dengan kubu Red Devils. Sebut saja kiper muda penuh talenta David De Gea ( Atletico Madrid, Spanyol ), Manuel Nuer ( Schalke 04, Jerman ), Hugo Loris ( Lyon, Prancis ), Marten Steelkelenburg ( Ajax, Belanda ), Igor Akinfeev ( Rusia ) hingga 2 kiper senior yang merupakan kiper terbaik dunia saat ini yaitu Iker Casillas ( Real Madrid, Spanyol ) dan Gianluigi Buffon ( Juventus, Italia ).

Nama Anders Lindegaard baru menyeruak kepermukaan beberapa waktu terakhir, tepatnya sejak sekitar bulan oktober. Kiper berusia 26 tahun tersebut juga baru bertanding sebanyak 4 partai untuk negaranya. Saat ini kiper bertinggi badan 193 cm ini masih membela Aalesund, dan kemungkinan mulai bergabung ke kubu Old Trafford sekitar Januari tahun depan.

Penunjukan Lindegaard sebagai suksesor Van Ders Sar Sedikit banyak menimbulkan tanda tanya. Kenapa United berpaling kepadanya, padahal sebelumnya United kelihatan begitu getol untuk mendapatkan tanda tangan kiper berusia 20 tahun dari Atletico Madrid, David De Gea. Namun kabar pendekatan itu langsung dimentahkan dengan pernyataan De Gea yang menyatakan ingin bertahan untuk beberapa waktu lagi bersama kubu Atletico. Hal itu semakin diperkuat dengan pernyataan sang presiden Atletico yang membantah adanya pembicaraan dengan United tentang transfer De Gea.

Tak kurang salah Seorang kiper legendaris United era 90'an, Peter Schmeichel ikut angkat bicara. Menurutnya, Lindegaard tidak akan mampu mengemban tugas berat untuk menggantikan peran vital Van Der Sar. Hal ini disebabkan oleh minimnya jam terbang Lindegaard di pentas sepakbola elite Eropa yang penuh dengan tekanan. Lindegaard yang baru 9 tahun menjalani karir profesionalnya lebih sering bermain di tim-tim level kecil. Selam 6 tahun berkarier di OB Odense Denmark dia hanya bermain sebanyak 11 kali. Baru setelah hijrah ke Aalesund tahun 2009 dia mulai mendapatkan kesempatan bermain secara reguler dan hingga saat ini dia telah bermain sebanyak 38 kali untuk klub tersebut. Hal inilah yang diragukan oleh Schmeichel dari Lindegaard.

Menurut pendapat Schmeichel orang yang cocok berdiri di bawah mistar gawang United adalah kiper liverpool asal Spanyol, Giuseppe Reina. Menurutnya Reina adalah kiper yang terbiasa bermain di level tinggi Eropa dan juga sudah mengerti dan paham atmosfer sepakbola di Inggris. Hal ini dia ungkapkan berdasarkan pengamatannya terhadap sejumlah suksesornya di bawaha mistar gawang United seblum kedatangan Van Der Sar. Siapa yang tak kenal nama tenar Masimmo Taibi, Mark Bosnich, Tim Howard, Ben Foster, Roy Carrol dan Tomas Kuzcak. Bahkan Fabian Barthez pun masih dinilai kurang sukses menggantikan perannya. Hanya Van Der Sar yang kemampuannya dianggap bagus dan setara dengannya.

Menarik untuk kita tunggu apakah Lindegaard yang pada partai terakhir timnas Denmark melawan Republik Cheska beberapa waktu lalu tampil baik dan mampu menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan adalah pilihan terbaik bagi barisan belakang United? Ataukah akan bernasib sama dengan beberapa pendahulunya yang dianggap gagal menampilkan performa yang sesuai dengan yang dinginkan tim terhadapnya.

berikut ini biodata sang suksesor Van Der Sar di bawah Gawang United.
Anders Lindegaard Personal information
Full name Anders Rosenkrantz Lindegaard
Date of birth 13 April 1984 (1984-04-13) (age 26)
Place of birth Dyrup, Denmark
Height 1.93 m (6 ft 4 in)
Playing position Goalkeeper
Club information
Current club Aalesund
Number 24
Youth career
2001–2003 OB
Senior career*
Years Team Apps† (Gls)†
2003–2009 OB 11 (0)
2008 → Kolding (loan) 9 (0)
2009 → Aalesund (loan) 18 (0)
2009–2010 Aalesund 38 (0)
2010- Manchester United

National team‡
2010– Denmark 4 (0)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...