Sabtu, 25 Desember 2010

Memory Indah Timnas 2004 di Bukit Jalil


Partai final Piala AFF 2010 antara Timnas malaysia melawan Timnas Indonesia adalah partai ke-6 selama digelarnya piala piala AFF. Di 5 pertemuan sebelumnya timnas Indonesia meraih kemenangan sebanyak 3 kali dan sisanya dimenangkan oleh tim Timnas Malaysia. Rekor gol pertemuan kedua negara adalah 12 gol memasukkan berbanding delapan 8 gol kemasukan untuk keunggulan produktifitas Timnas Indonesia.

Kemenangan paling mengesankan bagi timnas Indonesia terjadi di partai semfinal kedua piala AFF 2004 yang lalu. Di partai tersebut sebanarnya Timnas Malaysia lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan karena keberhasilan mereka meraih kemengan 2-1 saat melawat ke Gelora Bung Karno pada tanggal 28 desember 2004. Pada partai pertama malaysia yang sudah ketinggalan melalui gol yang dicetak oleh Kurniawan DJ di menit ke-6 berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak 2 gol saat pertandingan berakhir.

Namun pada partai kedua di Stadion Nasional Bukit Jalil, keadaan berbalik. Timnas Indonesia yang tidak diunggulkan mampu bermain baik dan memporakporandakan pertahanan Malaysia. Timnas yang saat itu dilatih oleh Peter White berhasil menang dengan skor sangat meyakinkan 4-1. Ke empat gol Timnas pada partai yang digelar 2 januari 2005 itu dilesakkan oleh Kurniawan DJ, Charis Yulianto, Ilham Jayakesuma dan Rising Stars Timnas saat itu Boaz Saloza yang pada partai sekarang tidak diikut sertakan. Gol itu seakan membalaskan dendam kekalahan yang diderita Timnas di depan publik sendiri, sekaligus membalas gol yang dicetak terlebih dahulu oleh Timnas Malaysia melalui kaki pemainnya Muhammad Khalid Jamlus di menit ke-28.

Dengan kemenangan tersebut akhirnya Timnas Indonesia maju ke partai final menantang Timnas Singapura dengan kemengan agregat gol 5-3. meski akhirnya di final timnas gagal meraih gelar juara karena kalah dari Singapura, setidaknya kemenangan tersebut mampu mengobati kekecewaan timnas Indonesia saat dikalahkan di depan pendukungnya oleh Timnas Malaysia.

Berikut rekor head to head kedua tim selama sejarah piala AFF sampai pertandingan penyisihab grup kemarin

Piala AFF 1996 – Malaysia 3 – 1 Indonesia
Piala AFF 2002 – Indonesia 1 – 0 Malaysia
Piala AFF 2004 (semifinal) – Indonesia 1 – 2 Malaysia
Piala AFF 2004 (semifinal) – Malaysia 1 – 4 Indonesia
Piala AFF 2010 – Indonesia 5 – 1 Malaysia

Link Video kemenangan Indonesia 4-1 atas Malaysia di Stadion Bukit Jalil ( http://www.youtube.com/watch?v=84sDCpukZAA&feature=related )

Semoga rekor manis kemenangan Timnas atas Malaysia akan terus berlanjut dan menjadi modal penting untuk menambah semangat dan mental bertanding Timnas Indonesia.

Bravo sepakbola Indonesia

SAY NO TO NURDIN HALID Cs
Tulisan ini telah saya publish di kompasiana tanggal 25 des 2010
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2010/12/25/memory-indah-timnas-2004-di-bukit-jalil/

1 komentar:

  1. My brother recommendеd Ι may like thіs blοg.
    He ωaѕ entirely right. This publiѕh truly madе my day.

    You can nοt imаgine just how much tіme Ι
    had ѕpеnt for this info! Τhank you!


    my sіte :: taruhan bola tangkas

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...