Selasa, 09 Agustus 2011

Tuhan Tiada Salah Mencipta Kita

Seperti Bunga yang mekar sempurna
Sore itu saat aku selesai menandatangani perpanjangan kontrakku untuk 6 bulan ke depan, aku menemukan untaian kalimat yang cukup bagus peninggalan seorang temanku yang telah mengundurkan diri, PUSPA MENK. Untaian kalimat yang begitu bagus dan menyentuh. Aku mencoba menjabarkannya menjadi untaian kata seperti pengertianku.

" Tuhan tidaklah membuat kita dalam bentuk asal jadi. Dia menciptakan kita dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Jadi Tuhan menciptakan kita dalam bentuk yang SEMPURNA.  Dia memberi kita segala fasilitas layaknya tombol-tombol pada keyboard komputer.


" Kita diberinya OTAK untuk kemampuan kita memproses data yang masuk. mengUPGRADE kemampuan kita agar meningkat lebih baik. Tidak stagnan dalam satu pola pikir. Agar kita mampu menelaah segala sesuatu dari berbagai sudut pandang dan memilih pilihan yang terbaik menurut ajaran agama dan logika kita.
Imagine pola kerja otak kita 

" Tuhan menganugerahi kita MATA dan TELINGA untuk mempermudah kita BROWSING segala sesuatu yang bermanfaat untuk kita. Semakin mahir kita memanfaatkan MATA dan TELINGA kita, semakin cepat kemampuan otak kita untuk memproses suatu data yang MATA dan TELINGA kita kirimkan ke OTAK kita.

" Dalam penciptaan kita Tuhan juga menganugerahkan HATI yang berfungsi sebagai FIREWALL dan ANTIVIRUS untuk menyaring segala sesuatu yang masuk ke prosesor kita ( Otak ). Agar otak kita tidak teracuni oleh pola pikir yang kurang bermanfaat untuk diri kita. Yang bisa merugikan kita dan menyeret kita ke dalam kesalahan yang hanya menimbulkan rasa sesal berkepanjangan.

" Tuhan menyertai penciptaan kita dengan tombol DELETE untuk semua kesalahan yang pernah kita perbuat. Tombol ini baru bisa kita gunakan saat kita menyesali suatu perbuatan salah yang telah kita perbuat. Pemanfaatannya pun sangatlah mudah, kita hanya harus bertaubat atas salah yang kita perbuat. Memohon ampunan dari Tuhan serta berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

" Tuhan juga menganugerahi kita fasilitas SKIP, saat kita merasa langkah yang akan kita lalui hanya berisi kesia-siaan saja. Daripada membuang waktu untuk hal yang sia-sia tersebut, alangkah baiknya jika kita menSKIPnya saja agar tak rugi waktu dan juga biaya.

 " Tuhan juga menganugerahkan kita fasilitas QUIT, PAUSE and HELP saat kita membutuhkannya. Saat kita menghadapi masalah dan dirasakan kita butuh waktu untuk berhenti sejenak atau mau meninggalkan masalah itu selamanya tinggal kita klik PAUSE ataupun QUIT. Tapi untuk tombol QUIT Tuhan hanya memberikan untuk orang-orang yang berjiwa lemah dan takut untuk maju. Sementara bagi mereka yang berjiwa kuat lebih suka memilih PAUSE or HELP untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

" Tuhan juga menganugerahi kita MEMORY untuk merekan hampir semua yang telah kita lakukan. Sehingga kita bisa mengevaluasi setiap langkah dan laku yang kita perbuat. Dan saat kita merewind kenangan kita dimasa lalu, kita hanya diberi fasilitas EDIT untuk mempernaiki perilaku kita ke depannya menjadi lebih baik, tanpa bisa mengedit kesalahan yang pernah kita perbuat.
Akankah kita berkesempatan untuk menyesali kesalahan kita?

So masihkah kita akan terus menggerutu kepada TUHAN tentang nasib yang kita jalani? Bukankah itu adalah bentuk terbaik yang TUHAN berikan untuk kita? Jika kita diberi lebih dari apa yang kita punya sekarang, tidak takutkah kita jika nantinya kita menjadi mahluk yang sombong? Sementara Sombong itu hanyalah KEPUNYAAN ALLAH. Jika kita diberi kurang dari yang kita punya, Apakah tidak mungkin jika kita nantinya malah semakin APATIS menghadapi hidup?

Hidup bukanlah untuk disesali. Hidup untuk dijalani dan juga untuk dilalui dengan perjuangan. Semoga saya pribadi dan teman-teman semuanya bisa lebih menghargai apa yang kita punya. Karena itulah batas kemampuan yang kita punya. Batas kesempurnaan yang TUHAN cipta untuk kita, karena inilah yang terbaik untuk Kita. 

Tetap semangat dan mari nikmati hidup kita dengan memperbanyak rasa syukur kita dan aktifitas yang bermanfaat. Keep positif thinking. 

Sayyidina Ali Bin Abi Thallib memberi kita Quote yang tak kalah bagusnya untuk hidup kita. Seperti di bawah ini.

DOSA   TERBESAR   ADALAH   KETAKUTAN
REKREASI   TERBAIK   ADALAH   BEKERJA
MUSIBAH   TERBESAR   ADALAH   KEPUTSASAAN
KEBERANIAN   TERBESAR   ADALAH   KESABARAN
GURU   TERBAIK ADALAH   PENGALAMAN
MISTERI   TERBESAR   ADALAH   KEMATIAN
KEHORMATAN  TERBESAR  ADALAH  KESETIAN
KARUNIA  TERBESAR  ADALAH  ANAK  YANG  SOLEH
SUMBANGAN  TERBESAR  ADALAH  BERPARTISIPASI
MODAL  TERBESAR  ADALAH  KEMANDIRIAN
(ALI BIN ABI THALIB RA)

Denpasar, 09082011.1330

Masopu

Note :
Catatan ini terinspirasi dari quote yang temanku tuliskan di komputernya.
Petuah Ali Bin Abi Thalib dinukil dari buku ZERO TO HERO karya Solihin Abu Izzudin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...