Rabu, 16 Februari 2011

Mancester United Tekuk City


Partai derby Manchester antara tuan rumah Manchester United melawan tim kaya raya Manchester City baru saja usai. Partai yang berlangsung di stadion Old Trafford ini berkahir dengan kemenangan 2-1 United. Gol united dicetak melalui aksi memikat Nani dan tendangan Spektakuler striker andalannya yang kembali mencoba menemukan bentuk permainan terbaiknya, Wayne Rooney. Sedangkan gol City dicetak melalui tebdangan keberuntungan Dzeko yang berbelok arah setelah membentur punggung David Silva.

Derby ke-158 kota manchester berlangsung menarik mulai dari saat kick off babak pertama dimulai. Kedua tim tampil saling menyerang. Sama-sama menampilkan formasi 4-5-1, kedua tim terlibat pertarungan sengit dilapangan tengah. United dengan formasi gelandang yang diisi oleh Nani, Anderson, Scholes, Fletcher dan Ryan Giggs beradu menguasai lini tengah melawan lima gelandang City yang diisi oleh Silva, Barry, Milner, Alexabdre Kolarov dan Yaya Toure. Serunya pertarungan di lini tengah ini menjadi penyebab begitu minimnya peluang selama babak pertama. Tercatat hanya beberapa peluang yang membahayakan kedua kubu.

Pada menit ke-15 sebuah umpan silang dari Yaya Toure berhasil dipotong dengan baik oleh Criss Smalling. Terus mendapat tekana dari City selama babak pertama, bukan berarti United tanpa peluang. Tercatat di menit ke-27 kerjasama Nani-Anderson mampu menerobos lini belakang City, sayang bola masih bisa diirebut oleh Richards.

Memasuki menit ke-34 umpan silang Giggsy mampu disundul dengan baik oleh Jhon O’shea, tapi sayangnya arah bola tepat ke jangakauan kiper Joe Hart. Akhirnya kebuntuan serangan United di babak pertama pecah di menit ke-41 saat umpan jauh Van Der Sar diarahkan ke Giggs melaui sundulan Rooney. Begitu menerima bola, Giggsy langsung mengirim bola ke arah Nani yang berlari dari kawalan Pablo Zabaleta. Dengan ketenangannya, Nani mendorong bola ke sisi kiri gawang City yang tak mampu dijangkau Hart. Kedudukan 1-0 bertahan sampai peluit pertanda babak pertama berakhir berbunyi.

Memasuki babak ke dua keadaan masih sama dengan babak pertama, City lebih banyak menguasai ball posessions. Meski begitu sampai menit ke-60 serangan city tak mampu menembus kokohnya lini belakang United yang dikawal kuartet O’shea, Smalling, Vidic dan Evra. Serangan yang mereka bangun selalu kandas membentur tembok kokoh United.

Untuk memperkuat daya serang the Citizens, pelatih Roberto Mancini memasukkan striker baru mereka Edin Dzeko di menit ke-60 menggantikan posisi James Milner. Dengan masuknya Dzeko, Serangan City semakin membahayakan gawang United. Dan akhirnya di menit ke-65 memanfaatkan crossing SWP, Dzeko menendang bola masuk ke gawang United tanpa mampu dijangkau Van Der Sar setelah sebelumnya bola membentur punggung David Silva. Proses gol tersebut sangat unik, dalam kawalan Smalling, Dzeko melepas tendangan sambil menjatuhkan diri. Arah bola sebenarnya keluar, tapi karena terbentur punggung SIlva bola berbelok arah ke sisi kanan United tanpa sempat dijangkau Van Der Sar..

Untuk merespon perubahan pola serangan City setelah masuknya Dzeko, Fergie akhirnya memasukkan top skor EPL musim ini berbatov di menit ke-67. Masuknya Berba membuat konsentrasi lini belakang City terpecah. Jika sebelumnya mereka hanya fokus menjaga pergerakan Rooney dan Juga Nani, kini mereka juga harus menjaga pergerakan Berbatov. Terbukti di menit ke-78 melalui serangan cepat yang diawali aksi memikat Nani, Bola lambung dari sisi kiri pertahanan City diteruskan dengan tendangan salto memukau Rooney. Gol ke-6 Rooney musim ini sontak membuat pendukung City terdiam beberapa saat berganti dengan gemuruh suara pendukung United.

Sebenarnya sebelum gol Rooney tersebut, beberapa kali aksi memikat Dzeko-Silva-Tevez mampu memberi ancaman ke lini pertahanan United. Tapi aksi gemilang Smalling di lini belakang membuat gawang Van Der Sar aman dari kebobolan gol lebih banyak lagi. Beberapa kali Smalling dengan insting permainan yang semakin terasah mampu membaca dan menggagalkan serangan-serangan City.

Setelah gol Rooney tersebut United mampu mengimbangi dominasi City. Jika sampai gol yang dicetak oleh Dzeko Ball Posessions dikuasi oleh City dengan perbandingan 48%-52% untuk City, maka akhir babak kedua ball Posessions jadi berimbang. Meski dari statistik lainnya United kalah. Tercata City melakukan shoot on target 7-5 dan tendangan sudut 8-5 semua untuk keunggulan City.

Dengan kemenangan ini, United mengokohkan dirinya di puncak klasemen EPL dengan poin 57 dari 26 partai meninggalkan Arsenal di posisi kedua dengan 50 poin dari 25 partai dan City di tempat ke-3 dengan 49 poin dari 27 partai yang telah dilalui. Dan kemenangan ini seakan memupus anggapan jika kekalahan United minggu kemarin sebagai pertanda jika United sudah mulai goyah.

Susunan pemain:

MU: Edwin van der Sar; Nemanja Vidic, Chris Smalling, Patrice Evra, John O’Shea; Paul Scholes (Michael Carrick 78), Darren Fletcher, Ryan Giggs, Nani; Wayne Rooney, Anderson (Dimitar Berbatov 67)
City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Micah Richards; Gareth Barry, James Milner (Edin Dzeko 61), Aleksandar Kolarov (Shaun Wright-Phillips 52), David Silva; Carlos Tevez, Yaya Toure

Denpasar, 12022011.2242
Masopu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...