Kamis, 03 Februari 2011

Selamat Jalan Garry Neville


Salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Inggris dan Manchester United Garry Neville, hari ini menyatakan pensiun dari dunia sepakbola yang membesarkan namanya. Setelah 20 tahun lamanya, namanya menghiasi susunan skuad Manchester United di seluruh kompetisi yang diikuti, akhirnya dia menyatakan pengunduran dirinya di situs resmi United dan pernyataan itu berlaku mulai hari ini.

Garry Neville, adalah salah satu pemain hasil pembinaan pemain muda United yang sangat terkenal. Dia tergabung di Class ‘92 bersama Paul Scholes, Nicky Butt, Ryan Joseph Giggs, David Beckham dan sang adik yang kini menjadi kapten Evertoon Phillip Neville. Mereka bahu membahu membangun kejayaan United diakhir dekade ‘90-an. Class ‘92 yang melegenda ini akhirnya terpisah seiring kepergian Beckham ke Real Madrid, Nicky Butt ke Newcastle dan terkahir sang adik ke Evertoon tahun 2005 lalu. Tinggal Garry Neville, Scholes dan Giggs yang bertahan.

Garry Neville lahir Burry, Lanchasire tanggal 18 february 1975. Dia telah memainkan sebanyak 602 partai di semua ajang kompetisi yang diikuti oleh United dengan torehan 7 gol sepanjang 20 tahun kariernya di United. Sementara untuk Timnas Inggris di Garry telah bermain sebanyak 80 partai. Garry menjadi kapten di United sejak 2005 sampai akhir musim kemarin, seiring hengkangnya kapten United sebelumnya, Roy Keane. Sejak musim ini ban kapten dipegang oleh Nemanja Vidic, atas pertimbangan Garry sering absen tampil karena cedera yang akhir-akhi ini kerap mengganggu penampilannya.

Selama bermain dengan United, Garry telah menikmati berbagai gelar bergengsi di kancah sepakbola. Gelar tersebut adalah 8 gelar EPL, 2 gelar Liga Champion, 3 gelar FA CUP, 2 gelar piala Liga/Carling serta 1 gelar piala Interkontinental dan 1 gelar kejuaran dunia antarklub Plus FA Youth Cup 1992.

Berikut pernyataan pengunduran diri United yang dituliskannya di situs klub:

“Saya sudah menjadi penggemar Manchester United sepanjang hidup saya dan memenuhi setiap mimpi saya,” kata Neville dalam pernyataan United, Rabu (2/2).

“Jelas saya kecewa bahwa hari-hari bermain saya sudah sampai akhir, akan tetapi ini terjadi pada kita semua dan sudah tahu kapan waktunya, dan bagi saya waktunya adalah sekarang. “Saya sudah bermain dalam tim-tim sepak bola yang luar biasa, bermain bersama beberapa pemain-pemain terbaik di dunia juga melawan mereka dan saya beruntung menjadi bagian dari pencapaian tim dan sukses besar klub.”

Berbagai pernyataan menyambut keputusannya mundur dari dunia sepakbola terlontar baik dari rekan setim, mantan rekan setimnya maupun dari managernya di United. Fergie berkata ” Gary adalah bek kanan terbaik Inggris pada generasinya. Ia adalah contoh bagi setiap pemain muda profesional. (Neville) pekerja keras, cerdas, dan setia. Karier fantastisnya telah menjadikannya terpatri dalam afeksi suporter klub ini di mana pun,”

Sementara mantan rekan setimnya di akun FB untuk penggemarnya menuliskan “ My friend, Gary Neville, retired today. Not only is he a great person, he is one of the best defenders to have played the game. It was an honour to play with him at United and for England. He deserves all the praise and recognition.” dan telah di like sekitar 15004 orang dan berhasil dikomentari sebanyak 1528 orang sejauh ini.

David Gill selaku CEO Manchester United menyatakan jika klub membuka diri bagi Garry untuk bergabung di klub baik sebagai pelatih maupun jabatan yang lainnya. Gill berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas Garry untuk United. “Jadi, sementara bagian hebat kariernya sebagai pemain sudah selesai, pengalaman, komitmen, dan energinya akan memastikan ia bisa terus memainkan sebuah peranan dalam klub ini, baik dalam bidang kepelatihan maupun bidang komersial” Kata David Gill.

Berikut biodata Garry Neville

Nama : Garry Alexander Neville

Lahir: Bury,Lanchasire 18 februari 1975

Karier : 1991-2011 = Manchester United ( 602 partai, 7 Gol)

Timnas Inggris = 80 caps

Gelar: English Primiere League = 9 gelar ( 1995-96, 1996-97, 1998-99, 1999-2000, 2000-01, 2002-03, 206-07. 2007-08, 2008-09)

Liga Champion = 2 gelar (1998-199 dan 2007-2008)

Piala dunia antarklub = 1 gelar

Piala FA = 3 gelar

Piala Liga = 2 gelar

Selamat jalan kapten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...