Minggu, 06 Maret 2011

Ryan Giggs Loyalitas Sejati

Pada partai antara tuan rumah Chelsea VS Manchester United tanggal 2 maret kemarin ada moment istimewa untuk salah seorang pemain United yakni Ryan Giggs. Pemain kelahiran 29 november 1973 tersebut merayakan pengabdiannya sebagai pemain United yang ke-20 tahunnya. Sejak melakukan debut membela United pada 02 maret 1991 lalu. Dan hebatnya  pemain bernama lengkap Ryan Joseph Giggs ini tak pernah pindah klub.
Ryan Joseph Giggs lahir dari pasangan bernama Danny Wilson dan beribu Lynne. Pria kelahiran Wales tersebut melakukan debut di EPL bersama United sewaktu klubnya melawan Everton dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan United sebagai pemain pengganti untuk bek kiri legendaris United asal Irlandia Dennis Irwin. Sejak debut tersebut Giggs selalu menghiasi starting line up United di EPL kecuali jika dia terkena hukuman kartu atau tidak sedang cedera.
Gol pertama Giggs untuk United baru Giggs lesakkan saat United melakukan pertandingan derbu melawan Manchester City. Pada bulan November 1991 pemain berjuluk Giggsy tersebut memenangkan trophy pertamanya sebagai pemain dengan merengkuh gelar piala super Eropa setelah di Final mengalahkan wakil Serbia ( Waktu itu Yugoslavia-Red ) Red Star Belgrade.1299416151493514144
Lima bulan setelah trophy tersebut, Giggs kembali mengantar United merengkuh gelar piala Liga ( Piala Carling ) setelah di final mengalahkan Notingham Forrest. Selain gelar piala Carling di level senior, Giggsy bersama teman-temannya dari akademi sepakbola United seperti David Beckham, Gary dan Phil Neville, Paul Scholes serta Nicky Butt juga berprestasi dengan memenangkan FA Youth Cup 1992. Angkatan ini kemudian melegenda dengan julukan Class of ” 92 yang berjaya sejak musim 1994 sampai musim 2003 ketika satu persatu pemainnya pergi meninggalkan United hingga tersisa hanya  Gary Neville, Scholes dan Giggsy.
Di musim berikutnya Giggsy mempersembahkan gelar trophy EPL 1992-1993 dilanjutkan dengan musim 1993-1994. Setelah berselang setahun tidak juara, karena gelar direbut oleh Blackburn Rovers dengan bintangnya waktu itu Allan Shearer sebelum dia pindah ke Newcastle United. Musim 1995-1996 dan 1996-1997 United kembali merengkuh juara. Selama kurun waktu tersebut, Gigsy juga berperan menyumbangkan 2 trophy piala FA ke United.
1299416666229421996Puncak penampilan Giggsy bersama United terjadi di tahun 1998-1999, dimana United meraih gelar Treeble Winners dengan menjuarai EPL, FA Cup dan Piala Champion. Musim itu kematangan Giggsy di sayap kiri bersinergi dengan umpan-umpan memukau Beckham di sayap kanan, serta kokohnya jangkar permainan United yang diisi oleh Scholes-Butt Serta Bek kanan terbaik United sepanjang 2 dekade ini Garry Neville didukung sang adik Phill Neville sebagai sesama alumni class of “92.  Kematangan mereka juga ditopang oleh pembelian brillian dari ALex Ferguson terutama pada diri Schmeichel, Jaap Stam,Dennise Irwin,Garry Paliister, Roy Keane, serta duet tombak Andy Cole dan Dwight Yorke.
Prestasi mengkilap Itu ditutup dengan kemenangan dramatis di final Liga Champions Eropa musim itu. United yang selama hampir 90 menit tertinggal satu gol mampu membalas dan berbalik unggul dengan memasukkan 2 buah gol kilat di masa Injury time melalui Teddy Sheringham dan supersub waktu itu Ole Gunnar Solksjaer. Sontak pendukung united bersorak sorai sementara fans the Bavarian tertunduk diam. Piala yang sudah di depan mata hilang dalam waktu sangat singkat. Dan situs resmi UEFA menjadikan partai ini sebagai salah satu final paling dramatis sepanjang sejarah.
Selama membela United, Giggsy dalam setiap musimnya selalu mencetak gol dan menjadikannya sebagai satu - satunya pemain di EPL yang selalu mencetak gol selama kariernya di premiere leageu. Pemain berjuluk The Welsh Wizard ini telah bermain sebanyak 64 partai internasional dengan menjaringkan 12 gol. Giggsy memutuskan pensiun dari karier internasional bulan juni 2007.
Pada musim 2009-2010 lalu, Giggsy sempat ditawari untuk menjadi pelatih timnas Wales. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya tawaran itu tidak Giggsy terima. Setelah penolakan gigsy itu, kursi pelatih Wales diisi oleh rekannya di Timnas yang juga telah pensiun, Garry Speed.
Pada 18 februari kemarin Giggsy resmi memperpanjang kontrak setahun lagi hingga akhir musin kompetisi 2011-2012. Seandainya musim depan adalah musim terkahir Giggsy di United sebelum pensiun, maka itu berarti Giggsy telah mengabdi selama 21 tahun di satu klub sebagai pemain. Di era sepakbola modern saat ini hanya tinggal beberapa pemain asli binaan klub yang masih setia bermain di satu klub semisal Gerrard di Liverpool, Totti di As Roma, Paul Scholes di United serta Gary Neville yang baru saja pensiun awal februari lalu.
Meskipun Gigsy tidak bisa mengalahkan rekor pengabdian terlama di satu klub yang di pegang oleh bek legendaris AC Milan paolo Maldini selama hampir 25 tahun bertahan di satu klub. Setidaknya Giggsy telah melewati rekor penampilan terbanyak di klubnya saat ini yang sebelumnya dipegang oleh legenda hidup Sir Bobby Charlton sebanyak 758 caps di semua ajang kompetisi yang diikuti. Sementara Giggsy sampai partai melawan Chelsea kemarin telah bermain sebanyak 862 partai di semua level kompetisi.
Berikut angka-angka yang berkaitan dengan Giggsy dan United
21 Trophy yang berhasil direngkuh oleh Giggsy selama main di United dengan Rincian: 11 EPL, 4 FA Cup, 2 Champions League, 3 Carling Cup dan 1 Piala dunia antarklub.
862 Partai selama membela United di semua level kompetisi
156 gol yang telah dicetak selama 20 tahun karir di United dengan torehan selalu mencetak gol dalam setiap musimnya sejak EPL pertama bergulir.
51.427 menit jumlah tampilnya Giggsy di seluruh partai EPL dan UCL.
1 gelar pemain terbaik di EPl pada musim 2009 lalu.
Dengan torehan statistik dan lamanya pengabdian Giggsy di United tak heran jika salah seorang legenda United, Eric ” The King ” Cantona tak segan memuji pemain yang telah berusia 37 tahun tersebut. Menjelang partai melawan Liverpool yang jika Giggsy diturunkan merupakan prtai ke 606 Giggsy di EPL sejak pertama debutnya. Cantona berkata “  Giggs adalah seorang pemain sepak bola yang hebat. Saya sangat menghormati seorang pemain yang dapat bertahan cukup lama di sebuah klub. “
Maka pantaslah jika jika saat ini Giggsy telah dianggap sebagai salah satu legenda United, meski dia belum berencana pensiun setidaknya untuk satu tahun ke depan. Berikut biodata Ryan Joseph Giggs:
Nama Ryan Joseph Giggs
Tanggal Lahir 29 Nov 1973
Tempat Lahir Cardiff, Wales
Posisi bermain Midfielder
Penampilan 862
Jumlah Gol 158
Bergabung dengan United 09 Jul 1990
Debut bersama United 02 Mar 1991 v Everton (H)
Tim Nasional Wales (Sudah Pensiun) 64 partai-12gol

Denpasar, 06032011.2005
Masopu
Note :
-Diolah dari berbagai sumber: Wikipedia, Goal.com, Tribun news.com. Biografi tokoh dunia
- Foto diambil dari  Manchester United Fan Page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...